Black Friday, Warga AS Serbu Pusat Belanja

Warga New York Berbelanja
Sumber :
  • VIVAnews/Anton PM/ New York

VIVAnews - Perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat seolah menjadi momentum untuk memperbaiki keadaan ekonomi negara. Toko-toko berlomba buka lebih awal dan memberi potongan harga besar-besaran supaya bisa menarik pembeli sebanyak-banyaknya

Kebanyakan toko sudah buka sejak sebelum Jumat pukul 00.00, yang juga disebut Black Friday, dan tampak disesaki oleh pengunjung. "Kami datang karena tertarik diskon, namun kami juga melihat-lihat seandainya ada barang tak didiskon yang bisa kami beli," kata James McBreaty, salah seorang pengunjung sebuah pusat belanja, seperti dimuat kantor berita Reuters pada Jumat 25 November 2011.

Strategi tersebut nampaknya cukup berhasil. Toko mainan Toys R Us di Long Island, New York misalnya, disesaki 300 orang pengantre bahkan sebelum toko dibuka pada Kamis malam pukul 21.00 waktu setempat.

Toko online seperti Amazon juga tak mau kalah dari toko konvensional. Amazon mulai memberi penawaran mencengangkan menyambut perayaan Thanksgiving yang merupakan salah satu hari libur penting di Negara Paman Sam pukul 21.00 hari Kamis.

Toko pakaian seperti Old Navy, Gap, memasang strategi diskon separuh harga. Beberapa toko lain seperti Target Corp, JC Penny, dan Best Buy sengaja baru buka pada tengah malam untuk menghindari persaingan yang terlalu ketat.

Federasi Retail Nasional melaporkan, pertumbuhan ekonomi AS pada musim liburan akhir tahun 2011 hanya mencapai 2,8 persen. Jumlah ini menurun dari tahun lalu yang mencapai 5,2 persen.

Namun, pihak federasi memperkirakan akan ada 152 juta orang yang membelanjakan uang mereka pada Black Friday. Jumlah ini meningkat hingga 10,1 persen dari tahun lalu.

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat
Rilis TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

TikTokers Galih Loss ditangkap polisi buntut kontennya yang diduga menistakan agama Islam. Ia terancam 6 tahun penjara

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024