Jembatan Kukar Runtuh

Dahlan: BUMN Tak Terkait Jembatan Runtuh

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • REUTERS/Rizal Adi Nugroho

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan pengelolaan jembatan Kutai Kartanegara telah lama diserahkan kepada operator pengelola swasta. Proyek jembatan tersebut sebelumnya dibangun salah satu BUMN konstruksi, PT Hutama Karya.

"Soal pemeliharaan sudah diserahkan kepada pihak swasta," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di Jakarta, Senin, 28 November 2011.

Menurut Dahlan, dengan penyerahan pengelolaan tersebut, runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur kini tidak ada lagi kaitannya dengan Hutama Karya.

Sebelumnya, Dahlan menegaskan pihaknya tidak akan memanggil manajemen Hutama Karya terkait musibah runtuhnya jembatan tersebut. Perusahaan dianggap telah menyerahkan pengelolaan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan dikerjakan oleh pihak swasta.

Saat disinggung bahwa jembatan tersebut seringkali ditabrak oleh kendaraan yang melintas, Dahlan mengatakan data-data mengenai kondisi jembatan itu kemungkinan dimiliki oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Seperti diketahui, Jembatan Kutai Kartanegara ambruk pada Sabtu, 26 November 2011. Musibah ambruknya jembatan gantung terpanjang di Indonesia itu menyebabkan beberapa korban tewas dan luka-luka serta menenggelamkan kendaraan yang kala itu sedang melintas. (art)

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024