Banyak Anak Bisa Kurangi Risiko Stroke

Ilustrasi penyakit jantung.
Sumber :

VIVAnews -  Kabar baik bagi Anda yang memiliki empat anak atau lebih. Pasalnya, seorang wanita yang memiliki banyak anak, berisiko lebih kecil meninggal dunia karena stroke. Meskipun memiliki banyak anak diidentikkan dengan level stres tinggi, ternyata juga memiliki dampak positif bagi kesehatan wanita.

Ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan tim dari University of California, pada 1.300 wanita di California. Yaitu wanita yang memiliki empat anak atau lebih, risiko meninggal karena stroke, berkurang hingga 50 persen.

Hal ini, menurut peneliti, kemungkinan karena tingginya sirkulasi  hormon saat hamil. Dampaknya sangat positif bagi pembuluh darah. Lalu, keluarga yang memiliki banyak anak, cenderung saling mendukung dan cukup dekat satu sama lain, yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

"Wanita dalam penelitian, memiliki risiko kematian karena CVD (cardiovascular disease) yang lebih rendah jika mereka hamil empat kali atau lebih," kata Marni Jacoobs salah satu peneliti, dikutip dari Telegraph.co.uk.

Mekanisme sebab akibatnya secara detil, menurut Jacoobs, belum diketahui dengan jelas. Namun, kemungkinan karena kesuburan mmencerminkan seorang wanita memiliki tubuh yang sehat. Serta, efek positif paparan sirkulasi hormon estrogen dan hormon lainnya selama kehamilan.

"Perubahan fisiologis seorang wanita karena kehamilan bisa menimbulkan efek abadi pada kesehatannya. Namun, terkait bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan, dibutuhkan penelitian lebih lanjut," kata Profesor Donald Peebles, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Timnas Qatar U-23 Vs Jepang

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Qatar U-23 dipastikan gugur di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Itu setelah mereka dikalahkan Jepang dengan skor 2-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayy

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024