Ossau-Iraty, Keju Terbaik di Dunia

 Ossau-Iraty , keju terbaik di dunia
Ossau-Iraty , keju terbaik di dunia
Sumber :
  • nydailynews.com

VIVAnews - Terbuat dari susu domba, yang diproduksi sebuah industri kecil di Prancis, keju Ossau-Iraty dinobatkan sebagai keju terbaik di dunia. Ini merupakan kali kedua, keju tersebut mendapat gelar terbaik dari World Cheese Awards, yang digelar di Birmingham, Inggris, pekan ini.

Keju berusia 10 bulan ini dibuat oleh Fromagerie Agour, industri keluarga yang berbasis di barat daya Prancis, seperti dilansir dari nydailynews.com.

Kemenangan yang didapatkan Ossau-Iraty, merupakan kemenangan tipis dari British Cornish Blue, yang memegang gelar juara tahun lalu. Ossau-Iraty sendiri pernah mengantongi kemenangan 2006.

Keju Ossau-Iraty merupakan salah satu dari dua keju susu domba yang berlabel AOC di Prancis. Label tersebut merupakan singkatan dari 'appellation d’origine controlée', yang berarti dibuat dalam kontrol orisinalitas ketat.

Keju tersebut juga dilengkapi sertifikat, untuk melindungi teritori produk dari tempat asalnya. Artiya, keju tertentu hanya bisa dibuat di daerah tertentu.

Nama Ossau-Iraty menunjukkan lokasi geografis, tempat dibuatnya yaitu lembah Ossau di Béarn dan lembah Iraty di Northern Basque Country bagian barat daya Prancis.

Untuk menghargai siklus alami dari binatang, susu dan keju hanya dibuat saat musimnya. Susu berasal dari domba jenis Manech Tete Noir, Tete Rousse dan Basco-bearnaises, asli Pyrenees yang menghabiskan hidupnya dengan merumput. 

Keju dibuat dengan metode kuno, yaitu menggunakan susu mentah yang tidak dipasteurisasi. Tidak dimasak lalu di-pressed dan didiamkan selama sekitar 80 sampai 120 hari.

Penasaran dengan rasanya? Butik keju online, Fromages.com, mendeskripsikan keju ini berwarna putih, teksturnya kenyal, lembut, dan rasanya sangat kuat seperti kacang. (pie)