Komisi IX DPR Cari-cari Negara untuk Kunker

Politisi PDIP Ribka Tjiptaning
Sumber :
  • Antara/ Deni

VIVAnews - Menjelang habisnya tahun anggaran 2011, sejumlah anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat berusaha melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Lucunya, karena negara tujuan umumnya Eropa Barat yang sedang musim dingin, rencana kunjungan mereka pun ditolak.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Sebuah sumber VIVAnews.com di DPR menyebutkan, kunjungan kerja itu terkait Rancangan Undang-undang Tenaga Kerja Indonesia dan Rancangan Undang-undang Keperawatan. Masing-masing RUU memiliki dua tim sehingga terdapat empat negara tujuan.

Selasa 29 November 2011 ini, satu tim untuk RUU TKI sudah berangkat ke Korea Selatan. Tim ini dipimpin Ribka Tjiptaning, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga Ketua Komisi IX. Satu tim RUU TKI lain awalnya merancang ke Uni Emirat Arab, namun kemudian berubah ke Hong Kong.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Sementara, dua tim bagian dari Panitia Kerja RUU Keperawatan. "Awalnya ke Norwegia dan Swiss tapi ditolak negara yang bersangkutan karena masalah waktu. Ini kan sudah mau Natal," kata sumber itu. "Akhirnya terkesan cari-cari negara yang mau nerima, jadi tidak ada urgensi substansinya, asal berangkat saja."

Sementara itu, Surya Chandra Surapaty, anggota Komisi IX, membenarkan ada tim yang berangkat ke Korea Selatan. Sementara dua tim untuk RUU Keperawatan akhirnya berusaha melobi ke Brazil dan Austria. "Yang sedang dalam penjajakan adalah Panja RUU Keperawatan ke Brazil dan Austria dalam Desember," kata Surya Chandra. (adi)

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024