Bukaka

Jembatan Kukar Harusnya Diperiksa Tiap Tahun

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • REUTERS/Rizal Adi Nugroho

VIVAnews - PT Bukaka Teknik Utama Tbk menyatakan Jembatan Kutai Kartanegara merupakan jembatan berjenis bentang panjang yang harus dilakukan pengecekan untuk pemeliharaan setahun sekali.

"Bisa berubah lebih pendek tergantung dari risiko yang diterima, seperti saat ditabrak kapal tongkang," kata Vice President Product Development PT Bukaka Teknik Utama Tbk Eko Ariwandono dalam konferensi pers di kantornya, Cileungsi, Bogor, Selasa 29 November 2011.

Eko mengatakan dalam pemeriksaan jembatan antara lain mengecek baut-baut. Tak cuma itu, baut yang lepas atau patah harus diganti. "Semua baut, baik di bawah maupun di atas jembatan," katanya. Pengecekan juga dilakukan terhadap kabel-kabel pengait yang kemungkinan bisa geser.

Namun, Eko menyayangkan bahwa terdengar kabar bahwa selama 10 tahun jembatan itu baru dilakukan pemeriksaan sebanyak dua kali. "Kami yang ketiga," katanya.

Tak heran bila Bukaka mengaku menemukan  posisi sejumlah tali sudah tak berada pada kondisis awal dibangun. "Kalau talinya bergeser, otomatis ada satu beban yang bertambah, dan ada yang berkurang," katanya.

Sejumlah baut pada jembatan itu sudah mulai longgar. "Kami mendapat kontrak dari PU untuk mengencangkan baut-baut," katanya.

Heboh Ibu di Maros Aniaya Bayinya Sambil Direkam, Diduga Kesal karena Suami Pergi
Putri Isnari atau Putri DA

Sah! Putri Isnari Resmi Menikah dengan Abdul Azis

Acara akad nikah Putri Isnari dan Abdul Aziz digelar di di Balikpapan Sport and Convention Center, Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024