Bank-bank Sentral Dunia Sepakat Bantu Eropa

Reaksi seorang pialang melihat indeks harga saham turun.
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Sejumlah bank sentral utama dari mancanegara sepakat bersama-sama menyediakan dolar dengan nilai lebih murah dari kurs pasar kepada bank-bank Eropa. Pasalnya, bank-bank Eropa tengah menghadapi masalah kredit menyusul krisis utang di zona euro. Krisis itu juga yang membuat para pejabat Uni Eropa mendesak IMF agar segera membantu.

Menurut kantor berita Reuters, keputusan para bank sentral dari mancanegara itu disepakati pada Rabu waktu Washington. Mereka bank sentral dari AS, Eropa, Jepang, Inggris, Kanada, dan Swiss.

Kesepakatan para pejabat bank-bank sentral itu mengulangi langkah yang pernah mereka terapkan untuk menstabilkan kembali pasar global dari krisis keuangan 2008 setelah jatuhnya bank investasi Lehman Brothers di AS.

Fokus perhatian kini tertuju ke Italia, salah satu negara utama di zona euro. Masalahnya, suku bunga pinjaman (yield) dari obligasi Italia kini meroket jadi 8 persen. Bagi kalangan pasar, angka itu sudah dianggap tidak realistis dan menandakan ekonomi di negara penerbit obligasi itu sudah tergolong gawat.

Di sisi lain, tujuh belas anggota pengguna mata uang euro menyepakati penjaminan bagi 20-30 persen dari penerbitan obligasi baru untuk negara-negara yang mengalami kesulitan dana. Mereka pun sepakat untuk membentuk dana investasi bersama dalam menarik investor asing untuk membeli obligasi pemerintah zona euro.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga
Badak Taman Nasional Ujung Kulon

Ironi Perburuan Badak Jawa di Kawasan Konservasi Ujung Kulon, Cula Dijual Rp 280 Juta

Di lahan konservasi tersebut, badak Jawa yang dilindungi itu jadi target perburuan liar dan cula nya dijual ke Jakarta secara ilegal dengan nilai ratusan juta rupiah.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024