Pembuat Game Terbesar di Facebook Gelar IPO

Farmville
Sumber :
  • facebook.com

VIVAnews - Perusahaan pembuat program permainan online terpopuler Farm Ville dan Mafia Wars, Zinga, berencana untuk melepas sahamnya di bursa saham Amerika Serikat.

Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan nilai perusahaan sebesar US$10 miliar atau Rp90 triliun, lebih rendah dari prediksi sebelumnya sebesar US$20 miliar.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Reuters, Kamis, 1 Desember 2011, disebutkan, penetapan harga saham Zinga direncanakan pada 15 Desember 2011. Perusahaan diperkirakan melepas sekitar 10 persen sahamnya ke publik.

Zinga juga dikabarkan akan menetapkan harga saham perdana di kisaran US$8-10 per unit. Lewat IPO ini, Zinga berharap bisa meraup dana segar dari publik hingga US$900 juta atau Rp8,1 triliun dengan harga saham dipatok pada level menengah.

Dalam laporan terakhir yang disampaikan kepada otoritas bursa AS disebutkan valuasi Zinga diperkirakan mencapai US$14,05 miliar. Awalnya, Zinga berencana untuk mencatatkan sahamnya di bursa efek pada 1 Juli 2011 dengan target perolehan dana mencapai US$1 miliar.

Dalam proses IPO ini, Zinga telah menunjuk Morgan Stanley dan Goldman Sachs sebagai penjamin emisi dan bookrunner. Bersamaan dengan itu, disertakan juga Barclays Capital, JP Morgan, dan Allen & Company sebagai anggota sindikasi.

Saat ini, Zinga diketahui memiliki 54 juta pengguna aktif harian dan 227 juta pengguna mingguan di 175 negara. Sebagian besar permainan online tersebut digunakan lewat Facebook.

Kinerja perusahaan juga diketahui menunjukkan hasil positif, dengan pendapatan hingga US$1 miliar. Didirikan pada 2007, Zinga terus menunjukkan pertumbuhan pendapatan dari US$19,4 juta pada 2007 menjadi US$597,5 juta pada 2010.

Sementara itu, hingga sembilan bulan pertama tahun ini, Zinga telah mencatat pendapatan hingga US$828,9 juta. (art)

Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman
CdM Indonesia di Olimpiade 2024 Paris, Anindya Bakrie sambut juara All England

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

The Chef de Mission (CdM) of the Indonesian contingent at the 2024 Paris Olympics, Anindya Bakrie gave appreciation to PP PBSI over Indonesian Success in All England..

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024