4 Tanda Alami Gangguan Kebiasaan Makan

Diet Wanita
Sumber :
  • corbis.com

VIVAnews - Sebagian besar wanita yang mengalami gangguan kebiasaan makan, baik bulimia ataupun anoreksia tidak menyadarinya. Pada tahap awal, mereka biasanya hanya menganggap diet biasa.

Namun, lama-kelamaan bisa jadi obsesi yang jadi membahayakan kesehatan. Dikutip dari Shine, menurut Dr. Ramani, profesor psikolog dari California State University, ada empat hal yang bisa jadi tanda awal seseorang mengalami gangguan kebiasaan makan.

Ketat menghitung kalori
Asupan kalori memang tak boleh berlebihan. Harus seimbang antara yang dikonsumsi dan yang 'dibuang' melalui olahraga. Namun, jika Anda terlalu menghitungnya secara ketat dan berolahraga terlalu ekstrim, ini bisa jadi tanda obsesi. 

Fokus pada kekurangan tubuh

Sebagian besar wanita tidak merasa puas dengan bentuk tubuhnya. Mulai dari bentuk lengan, kaki, perut, pipi, kaki dan sebagainya. Hal ini memang wajar. Tetapi jika tiap bercermin dan Anda selalu fokus mencari-cari kekurangan tubuh, bisa membuat makin tidak percaya diri. Ini bisa sangat berbahaya, baik secara psikologis, maupun fisik.

Menghindari makan bersama
Acara makan bersama baik dengan teman kantor, keluarga atau sahabat, selalu jadi aktivitas seru dan menyenangkan. Hati-hati jika Anda selalu menghindarinya, karena tak ingin tergoda mengonsumsi banyak makanan.

Olahraga berlebihan
Beberapa orang ada yang sangat terobsesi berolahraga. Bahkan, ada yang justru mencari sensasi rasa nyeri berolaharaga, dengan melakukannya secara berlebihan. Terutama, setelah mengonsumsi banyak makanan.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal
Gerbang tol Kisaran.(dok Hutama Karya)

Kendaraan yang Lewat Ruas Tol Trans Sumatera Ini Naik 194 Persen Periode Arus Balik Lebaran

Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura - Lima Puluh (Inkis) berjumlah 47.898 kendaraan atau lebih tinggi 194 persen dari volume lalulintas (VLL) normal.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024