Saham Asia Lanjutkan Kenaikan Minggu Lalu

Sumber :
  • REUTERS/ Toru Hanai

VIVAnews - Saham asia dan euro menguat pada Senin di tengah harapan pemimpin Eropa yang menyetujui rencana penyelamatan definitif untuk memcahkan krisisi utang zona euro pada pertemuan puncak penting minggu ini.

Indeks MSCI saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,3 persen setelah pekan lalu mencatatkan kenaikan mingguan pertama selama sebulan. Hal ini didukung tindakan bank sentral yang bersatu untuk mengatasi masalah likuiditas.

Hari ini Nikkei Jepang dibuka naik 0,6 persen setelah naik 6 persen pada minggu lalu.

Sementara Indeks Dow Jones dan S&P selama seminggu yang lalu menunjukkan rally yang terbesar sejak Maret 2009, dan diperkirakan diperpanjang minggu ini. Hal itu dipicu penurunan tingkat pengangguran AS yang menunjukkan tanda pemulihan ekonomi.

Namun investor disarankan untuk berhati-hati menjelang peristiwa minggu ini, termasuk pertemuan Bank Sentral Eropa yang menetapkan kebijakan monter untuk tahun ini pada Kamis, dimana penurunan suku bunga diharapkan.

"Sentimen telah membaik, namun situasi Eropa masih belum jelas," kata Equity General Manager SMBC Nikko Securities Hiroichi Nishi seperti yang dikutip Reuters, Senin, 5 Desember 2011.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel juga akan bertemu untuk membahas proposal bersama untuk penghematan anggaran di zona euro. Mereka ingin 27 pemimpin Uni Eropa menyetujui pada pertemuan puncak pada hari Jumat.

Perjanjian ini bisa membuka jalan implementasi penyelamatan skema zona euro untuk membantu negara yang bermasalah dengan utangnya. Perjianjian ini juga sebagai kendaraan bagi negara seperti Italia untuk mendapatkan dana.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024