Sistem Baru Distribusi Gas Lewat Mobil Tangki

Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Pertamina melalui anak perusahaannya, PT Pertagas, saat ini sedang mengembangkan sistem baru pendistribusian bahan bakar gas (BBG). Sistem yang dinamai 'Mother-Daughter' itu menggunakan mobil-mobil tangki gas sebagai pengganti sistem lama yang mengandalkan pipa-pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

Proses pendistribusian melalui mobil-mobil tangki gas itu dilakukan di daerah Jabodetabek dan direncanakan mulai beroperasi pada pertengahan 2012.

"Program ini pada saatnya nanti akan bergulir di daerah-daerah lain yang memungkinkan," kata Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan dalam sambutan pembukaan program 'Go Gas' di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin 5 Desember 2011.

Untuk sektor hilir, Karen mengatakan, pihaknya membutuhkan keterlibatan pelaku bisnis gas nasional untuk membangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), Natural Gas Vehicle (NGV) Workshop. "Pertamina melalu anak perusahaannya, PT Pertamina Retail siap untuk mengundang dan bekerja sama dengan para pengusaha nasional di bidang gas untuk membangun dan mengoperasikan SPBG, NGV Workshop, maupun sarana pendukung lainnya," ujar Karen.

Karen mengatakan, berdasarkan perhitungan Pertamina, produksi gas nasional saat ini mencapai 9 bcfd. Sebanyak 5,1 bcfd untuk keperluan ekspor dan 3,9 bcfd bagi konsumsi domestik. "Jika pemerintah bermaksud mengonversi penggunaan BBM bersubsidi untuk sektor transportasi sebanyak 21,34 juta kiloliter per tahun menjadi gas, maka akan diperlukan 1,9 bcfd," katanya.

Angka ini, Karen melanjutkan, sebenarnya masih dalam kisaran 37 persen dari produksi gas yang diekspor, di bawah angka yang diatur peraturan menteri. "Untuk itu, kami harapkan adanya pengawasan yang lebih ketat terhadap KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) untuk mengalokasikan produksi gasnya bagi pasar domestik," kata Karen. (art)

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum
Ilustrasi wanita/bercinta.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 25 April 2024, salah satunya tentang saran dokter Boyke untuk suami yang memiliki istri Hyperseks.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024