3 Tahun Lagi, BBM Bisa Dikonversi ke Gas

Angkot dipasangi konverter bahan bakar gas
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Dewan Energi Nasional (DEN) meyakini program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) bisa terealisasi sepenuhnya pada tiga tahun mendatang.

"Bila kita serius, saya yakin bisa penetrasi dalam waktu tiga tahun ke depan," kata Anggota DEN, Herman Agustiawan, saat acara 'Go Gas' di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin 5 Desember 2011.

DEN menilai penetrasi penggunaan BBG dapat tercapai jika beberapa persyaratan utama bisa dipenuhi oleh institusi terkait. Syarat itu adalah peran aktif pemerintah daerah, penyediaan lahan BBG, ketersediaan kendaraan operasional untuk konversi BBG, serta penyebaran yang merata.

Herman menilai, penggunaan BBG merupakan opsi yang tepat untuk mengatasi membengkaknya kuota BBM yang melebihi 1 juta kiloliter di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Secara keekonomiannya lebih murah dan mengurangi emisi CO2 sebesar 26 persen," ujar Herman. 

Melihat peluang yang besar dari BBG tersebut, DEN meminta agar konversi dilakukan dengan menekankan sejumlah hal utama. Pertama, reformulasi kebijakan harga. Selama ini, harga BBG dianggap kurang menarik bagi masyarakat.

Penekanan kedua adalah kepastian gas, penyediaan lahan dari Pemda DKI Jakarta, dan dukungan infrastruktur. Hal yang tidak kalah penting adalah penunjukan agensi yang bertugas mengonversi BBG. "Seperti halnya konversi LPG dari minyak tanah," kata Herman. (art)

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung
The Perfect Strangers

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Dari sana lah, Yessy mengembangkan cerita dan karakter dalam untuk The Perfect Strangers yang tak disangka-sangka punya banyak sekali penggemar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024