Abraham: Bila KPK Gagal, Itu Salah Saya

Fit and Proper Test Calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Ketua KPK terpilih, Abraham Samad, kembali menegaskan tekadnya untuk memberantas korupsi tanpa intervensi pihak manapun. Ia mengingatkan, KPK pada hakikatnya merupakan lembaga yang independen.

“Hakikatnya kemandirian, Insya Allah,” ujar Abraham di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 6 Desember 2011. Ia mengatakan, kepemimpinan KPK bersifat kolektif kolegial. Oleh karena itu, menurut Abraham, keberhasilan kinerja KPK bukan karena kepemimpinannya semata.

“KPK sifatnya kolegial. Keberhasilannya juga keberhasilan pimpinan lain,” kata Abraham. Namun jika ternyata KPK gagal menjalankan amanah dengan baik, Abraham merasa dia lah yang paling bertanggung jawab. “Kalau ada kegagalan, itu hanya kegagalan ketuanya,” kata Abraham.

Ketika ditanya apakah dirinya sudah siap memeriksa pihak-pihak yang dianggap bertanggung jawab atas skandal Bank Century, Abraham menyatakan alat bukti harus cukup. Ia menjamin tak akan ada perbedaan perlakuan terhadap siapapun apabila memang terbukti terlibat perkara korupsi.

“Saudara saya pun saya gantung kalau bersalah. Tak ada tebang pilih, kita harus on the track,” ujar Abraham. Komitmen untuk menyelesaikan empat kasus besar, menurut Abraham, bukan kontrak politik dengan DPR semata.

“Seperti saya katakan, kami sidik semua. Tenang saja, jangan ragu. Apa yang disampaikan di Komisi III itu kontrak sosial, bukan kontrak politik. Jadi janji-janji saya bukan kontrak politik, tapi kontrak sosial,” lanjut Abraham. (ren)

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer
Ford Fiesta nekat melewati jalur Taman Nasional Bromo

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Sebuah video menunjukkan pengendara mobil Ford Fiesta memaksakan diri untuk melewati jalur kawasan Bromo. Namun, berakhir nahas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024