Dahlan Dorong RI Kendalikan Harga Timah Dunia

Dahlan Iskan
Sumber :
  • perskita.wordpress.com

VIVAnews - Sebagai salah satu negara produsen timah terbesar di dunia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mendorong agar Indonesia bisa menentukan harga patokan komoditas barang tambang tersebut.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Selama ini, pasar timah internasional justru lebih banyak berlangsung di London, Inggris dan Malaysia. Kedua bursa timah itu memutuskan harga patokan timah untuk seluruh dunia. 

"Timah Indonesia merupakan produsen terbesar tapi pasar timahnya ada di London dan di Malaysia, kan aneh Indonesia yang punya tapi pasarnya di luar," kata Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa 6 Desember 2011.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

Dahlan menegaskan dirinya telah memerintah agar PT Timah Tbk segera menyusun pondasi untuk membuat Indonesia bisa mengendalikan harga timah dunia. Bahkan Dahlan meminta dibentuk Tim Market Bangka Belitung.

Dengan pembentukan tim tersebut, BUMN berharap harga timah tidak lagi bisa dikendalikan oleh orang lain. "Nah ini yang kita ingin situasi berubah, agar kita dapat mengendalikan" katanya.

Saat ini, ungkap Dahlan, Timah masih menghentikan sementara ekspor produk tambanganya ke pasar luar negeri. Hal itu dilakukan karena harga komoditas timah yang berlaku di pasar internasional dianggap tidak sesuai.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

"Nah ini kok kita kayak dipermainkan. Maka dari itu kita mencoba untuk tidak dipermainkan dengan mencoba eksis di Indonesia" kata Dahlan.

Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024