Jembatan Batulappa Ambruk, Warga Terisolir

Jembatan putus
Sumber :
  • Zainul Arifin | Surabaya Post

VIVAnews – Sebuah jembatan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dilaporkan ambruk Selasa malam tadi. Jembatan Batulappa yang terletak di Dusun Bamba, Kelurahan Kassa, Kecamatan Batulappa itu  ambruk sekitar pukul 21.00 Wita.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Chevi Ahmad Sopari menyatakan, jembatan yang menghubungkan jalan desa itu ambruk dan patah sepanjang 20 meter. Akibatnya, menurut dia, jembatan tersebut sama sekali tidak bisa dilewati karena terputus.

Jembatan Batulappa disebut menghubungkan 4 desa, yakni Desa Tassera Lau, Kassa, Watang Kassa dan Batu Lappa. Ambruknya jembatan itu mengakibatkan sekitar 10.000 warga di empat desa tersebut terisolir, karena jembatan itu menjadi satu-satunya akses yang biasa digunakan oleh warga.

“Jembatan itu sebenarnya memiliki panjang 70 meter dengan lebar 5 meter. Namun yang betul-betul amblas hanya sekitar 20 meter,” ujar Kombes Chevi kepada VIVAnews, Rabu 7 Desember 2011. Saat ini kepolisian masih melakukan penyelidikan atas ambruknya jembatan tersebut.

Dugaan sementara menyebutkan, ambruknya salah satu penyangga jembatan itu disebabkan oleh debet air yang cukup tinggi dan deras akibat tingginya curah hujan di daerah tersebut. Selain itu, adanya jembatan lama di sebelah Jembatan Batulappa yang relatif baru itu menyebabkan munculnya putaran air di sekitar tiang pancang Jembatan Batulappa.

“Kita masih lakukan penyelidikan,” kata Chevi. Anggota dari Polsek Batulappa dan Polres Pinrang, menurutnya, saat ini melakukan pengamanan di lokasi ambruknya jembatan, dan melarang setiap warga untuk mendekati jembatan. Apalagi curah hujan di daerah tersebut masih tinggi.

Sementara ini, warga diminta menggunakan jalan alternatif atau menangguhkan perjalanan, sebab kondisi di sekitar lokasi masih rawan. “Larangan ini berlaku hingga jembatan tersebut mendapat perbaikan dari PU, serta jaminan dari mereka,” tegas Chevi.

Laporan: RHA | Makassar, umi

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya
Grup K-Pop BTS

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Di antara berbagai grup dan artis Kpop yang meraih popularitas global, BTS (Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene) telah memperoleh tempat yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024