Pertamina Jualan Pelumas ke Vietnam

Gedung Pertamina Lapangan Banteng
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - PT Pertamina (Persero) menjajaki ekspansi bisnis dengan memperluas pasar pelumas ke Vietnam. Penjajakan saat ini, sudah memasuki tahap studi pasar pelumas.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Mochamad Harun menuturkan, Vietnam merupakan negara yang menjadi pasar potensial untuk pemasaran pelumas perseroan.

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

Vietnam, tambahnya, telah menunjukkan pertumbuhan ekonomi positif. Dengan jumlah penduduk sekitar 89 juta jiwa, produk domestik bruto Vietnam tumbuh signifikan.

"Produk domestik bruto Vietnam tumbuh signifikan pada kisaran tujuh sampai delapan persen per tahun, dengan angka PDB di atas 100 miliar dolar AS," kata Harun di Jakarta, Rabu 7 Desember 2011.

Harun menuturkan, Pertamina optimistis pada pertumbuhan penjualan pelumas ke luar negeri. Tercatat, sampai November 2011, Pertamina mencapai realisasi penjualan luar negeri sebesar 193 ribu kilo liter. Realisasi ini berada di atas target penjualan luar negeri sebesar 156 ribu kilo liter.

Khusus untuk pasar luar negeri, Pertamina telah melakukan penjualan pelumas rata-rata mencapai 80 ribu kilo liter per tahun sejak 2007.

Sebelumnya, pada 14 September 2011, Pertamina melakukan pengiriman ekspor pelumas ke Bangladesh dan pada akhir November 2011 juga memasuki pasar retail di Beijing, China.

"Ekspansi pasar pelumas Pertamina ke luar negeri antara lain ke Belgia, Saudi Arabia, Myanmar, Singapura, Taiwan, Filipina, Timor Leste, Malaysia, Nepal, Australia, Jepang, Thailand, Korea, China, Pakistan, dan Uni Emirat Arab," kata Harun. (eh)

Justin Hubner Jadi Cadangan, Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Australia
Mobil mewah terendam banjir di Dubai

Presiden Uni Emirat Arab Tinjau Infrastruktur Setelah Banjir di Dubai

Presiden Uni Emirat Arab (UEA), telah memerintahkan peninjauan kembali infrastruktur negaranya setelah hujan lebat dan banjir membuat negara itu lumpuh total.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024