Agus: Reformasi Hapus Penyelewengan Anggaran

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah menegaskan hingga Juni 2011 lalu, telah menutup 8.060 rekening liar. Sedangkan selama tiga tahun kebelakang, pemerintah telah menutup 6.000 rekening dengan nilai nominal Rp7 triliun.

Menurut Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, pemerintah saat ini terus melakukan reformasi birokrasi guna memberangus praktik penyelewengan anggaran di tiap instansi pemerintah.

Seperti diketahui penasihat KPK, Abdullah Hehamahua, menyebut bahwa 60 persen Pegawai Negeri Sipil terindikasi korupsi disebabkan rendahnya sistem pengganjian.

"Sudah ada reformasi birokrasi, kita juga lakukan penyesuaian (gaji)," ujar Agus Marto saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 7 Desember 2011.

Dijelaskan Agus bahwa reformasi birokrasi terus menjadi prioritas pemerintah untuk dilakukan.

Terkait penilaian bahwa besaran gaji pegawai terlalu rendah, Agus menjawab bahwa pemerintah memberikan program renemurasi bagi instansi yang dapat melaksanakan delapan area perubahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas para pegawainya.

Namun, diakuinya bahwa pelaksanakan program renemurasi ini tidak bisa serta merta dilaksanakan merata diseluruh instansi pemerintah. "Karena kalau sekaligus, tentu akan menekan fiskal," tuturnya.

Meski program renemurasi belum sempurna, tambah Agus, namun tindakan penyelewengan anggaran tentu tidak dibenarkan.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024