KPK: Pejabat Negara Kini Rajin Laporkan Harta

LHKPN: Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan, tingkat kesadaran penyelenggara negara untuk menyetorkan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan, Haryono Umar, mengatakan berdasarkan kecenderungan yang terlihat saat ini, para penyelenggara negara yang paling rajin melaporkan harta kekayaan adalah pejabat golongan eselon satu dan direksi ke atas.

“Sekarang rata-rata semua bagus, semangat untuk lapor,” kata Haryono di Kantor KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis 8 Desember 2011. Namun, imbuhnya, jika dibandingkan persentase antara pejabat pemerintah pusat dan daerah, ternyata pejabat pemerintah pusat lebih aktif melaporkan harta kekayaan ketimbang pejabat daerah.

“Mungkin karena memang (jarak) jauh. Tapi itu relatif. Daerah kan masuk kategori eksekutif. Kalau dibandingkan, pusat jauh lebih rajin dari daerah,” ujar Haryono.

Upaya pencegahan korupsi melalui LHKPN ini, menurut Haryono, tergolong efektif. Oleh karena itu, KPK mendorong seluruh instansi pemerintah untuk memperluas cakupan pejabat yang melaporkan harta kekayaan melalui pengisian formulir LHKPN.

Haryono mengatakan, dua instansi yang sudah melakukan hal tersebut adalah Kementerian Keuangan dan Kepolisian. “Tapi yang kita inginkan, semua pegawai lapor, karena ternyata (pegawai) yang bawah juga main-main (uang),” tegasnya. (umi)

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024