Cara Ulama Amerika Ajarkan Toleransi

Imam Arafat Ulama Besar AS
Sumber :
  • Indrani Putri

VIVAnews - Toleransi antarumat beragama dan bangsa merupakan isu yang penting bagi kaum muda. Sebagai pembawa perubahan, penting bagi mereka untuk berpikiran terbuka dan dapat menerima perbedaan.

"Belajar mengenai perbedaan agama dan budaya itu sangat penting bagi semua orang, terutama kaum muda," kata Imam Mohamad Bashar Arafat, seorang ulama Amerika Serikat yang tengah berkunjung ke Jakarta, Kamis 8 Desember 2011.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Untuk mewujudkan misinya, ia mendirikan Civilizations Exchange and Cooperation Exchange, sebuah badan edukasi yang bekerja sama dengan program pertukaran pelajar di AS.

Kegiatan yang dilakukan Imam Arafat lewat CECF selalu ramai diikuti peserta pertukaran pelajar dari seluru dunia. Selain membuat mereka lebih mengenal satu sama lain, programnya juga membuat pola pikir mereka yang selama ini salah tentang agama dan budaya lain.

Misalnya, ia mengajak para pelajar mengunjungi rumah-rumah ibadah sebagai bentuk pengenalan agama. "Ini menarik, karena ternyata banyak di antara mereka yang baru pertama kali berkunjung ke masjid atau sinagog, dan takjub karena bagian dalamnya berbeda dari apa yang mereka bayangkan selama ini," ujarnya.

Dalam sesi yang lain, para peserta diminta menjelaskan tentang negara asal masing-masing. Bagi Imam Arafat, ini dapat membuka mata para pelajar tentang keunikan budaya yang dimiliki masing-masing negara.

Hal ini cukup efektif, terbukti dari testimonial dua pesertanya, yaitu Yana dari Kazakstan dan Jenny dari Indonesia.

Jenny mengaku sudah tidak lagi paranoid terhadap AS dan penduduk non Muslimnya, sedangkan Yana berkata bahwa ia ingin jalan-jalan ke Palestina setelah mendengar presentasinya dari temannya yang seorang Muslim Palestina.

Bagi Imam Arafat sudah sepatutnya kurikulum antaragama diterapkan di AS sebagai negara multikultural. Dengan demikian, rasa saling menghargai dan menghormati bisa tumbuh lebih baik di kalangan anak mudanya. (ren)

Beda Sikap Ria Ricis dan Teuku Ryan Memperlakukan Orang Tua, Pantesan Susah Rujuk
Ilustrasi penipuan di online

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Seorang Ibu Rumah Tangga di Bogor bernama Jehan, menjadi korban penipuan berkedok kerja paruh waktu Shopee. Ia kehilangan uang hingga Rp131 juta, karena tergiur dengan im

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024