Kapitalisasi Bursa RI Bisa Kalahkan Malaysia

Sejumlah pialang mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia optimistis nilai kapitalisasi pasar saham di Bursa Efek Indonesia dapat mengalahkan Malaysia pada akhir 2011. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar saham di bursa Indonesia mencapai Rp3.500 triliun atau sekitar US$380 miliar.

"September kami menang dari Malaysia, tetapi November lalu kalah lagi, meskipun jaraknya tipis. Mudah-mudahan akhir tahun ini bisa kalahkan Malaysia," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Eddy Sugito, di sela Media Workshop, di Cisarua, Puncak, Jawa Barat, Jumat 9 Desember 2011.

Bahkan, Eddy melanjutkan, pada 2015, BEI optimistis nilai kapitalisasi pasar saham di bursa Indonesia dapat mengalahkan Singapura. Hal itu diyakini BEI karena pertumbuhan Indonesia dalam 10 tahun terakhir lebih tinggi dari Singapura.

"Kami punya asumsi dalam 10 tahun, growth kita 30 persen per tahun, sehingga pada 2015 harusnya bisa," ungkapnya.

Posisi nilai kapitalisasi pasar saham di kawasan ASEAN, Eddy melanjutkan, saat ini dipimpin Singapura yang mencapai US$477 miliar, disusul Malaysia dengan US$387 miliar, dan selanjutnya Indonesia sebesar US$380 miliar. Posisi berikutnya Thailand mencapai US$262 miliar dan Filipina sebesar US$152 miliar.

Sementara itu, Eddy juga menargetkan pada 2015 jumlah perusahaan yang mencatatkan sahamnya di bursa mencapai 550 emiten, jika setiap tahun minimal terdapat minimal 25 emiten yang listing.

"Makanya, nanti kami bisa mencapai nilai kapitalisasi pasar US$750 miliar dan bisa jadi leading exchange di ASEAN," kata dia. (art)

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024