Pertamina Klaim Bebas Korupsi

Karen Agustiawan Direktur Utama Pertamina
Sumber :
  • Pertamina

VIVAnews - Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan, menilai Pertamina saat ini telah menjadi BUMN yang transparan dalam laporan keuangan hingga kinerja perusahaan. Pertamina pun mengklaim telah bebas korupsi.

"Pertamina bukan lagi sarang korupsi, sudah benar-benar telanjang," kata Karen di Jakarta, Senin 12 Desember 2011.

Karen menjelaskan, Pertamina saat ini telah menjalin kerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pertamina sering melakukan pertemuan intensif dengan tiga lembaga tersebut untuk mencegah korupsi.

Dengan adanya perjanjian dengan tiga lembaga tersebut, Karen mengklaim Pertamina sebagai Non Public Listed Company sudah transparan dalam pelaporan kinerja keuangan. Selain itu, Pertamina menegakkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) membuat Pertamina bebas dari intervensi pihak ketiga.

Walaupun begitu, Karen mendukung jika ke depan, Pertamina dapat melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offer/IPO) agar masyarakat dapat mengawasi langsung kinerja Pertamina.

"Dengan IPO, maka fungsi check and balance dapat dijalankan oleh minority shareholder," katanya. (art)

Alutsista Buatan Indonesia Laris Manis di Pasar Global: Bukti Kemajuan Industri Pertahanan Nasional
Pasukan Khusus Hamas Brigade Izzuddin al-Qassam

Media Arab sebut Hamas Setuju Bebaskan 33 Warga Israel yang Disandera

Gerakan Palestina Hamas setuju untuk membebaskan 33 sandera Israel sebagai bagian dari tahap pertama perjanjian gencatan senjata dengan Israel.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024