BPK: Audit Bank Century Selesai 90%

Ketua BPK Hadi Purnomo serahkan hasil audit Century ke Ketua DPR
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Hadi Poernomo, mengatakan audit investigasi Bank Century sudah mencapai 90 persen. Audit investigasi ini akan selesai pada akhir Desember 2011.

"Insya Allah akhir bulan selesai. Sekarang sudah mencapai 90 persen," kata Hadi Poernomo, usai memberikan sambutan dalam seminar nasional bertajuk Kinerja Pembangunan Daerah di Indonesia, Kontribusi untuk Pembangunan Daerah, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin, 12 Desember 2011.

Dalam audit ini, Hadi melanjutkan, BPK telah menemukan sembilan temuan yang sudah final dan telah diumumkan beberapa waktu lalu. Saat ini, Hadi menambahkan, pihaknya masih harus menyelesaikan investigasi dari dan ke mana aliran-aliran dana dalam kasus itu.

"Ada sembilan temuan sudah final, tinggal aliran-aliran dananya. NantiĀ  tunggu lah," kata dia.

Seperti diketahui, dalam audit investigasi Bank Century ini, BPK tengah merampungkan audit forensik Bank Century.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Wakil Ketua BPK Hasan Bisri mengatakan audit Bank Century ini merupakan audit kedua, yakni audit forensik. Setelah audit pertama ditemukan ada tiga jenis tindak pidana perbankan, umum, dan korupsi. Pada audit kedua BPK itu harus menelusuri banyak rekening yang terindikasi ada pelanggaran pidana.

Hasan menjelaskan, saat ini BPK telah menyaring 20 ribu rekening dari 80 juta transaksi untuk dilakukan pendalaman dan investigasi. Sebanyak 20 ribu rekening itu, dia menjelaskan, masih dalam kondisi aktif, artinya setiap harinya masih terjadi transaksi keluar masuk uang. (art)

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

MK bakal membacakan putusan sidang perselisihan pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024