Konsumsi Beras RI Dua Kali Masyarakat ASEAN

Beras
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal gencar melakukan kampanye subtitusi konsumsi makanan pokok dari beras ke singkong. Hal ini dikarenakan pola konsumsi masyarakat terhadap beras sudah diambang batas atas.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel

Saat ini, konsumsi beras masyarakat Indonesia merupakan yang terbesar di dunia dengan volume sebanyak 130 Kilogram (Kg) sampai 140 Kg per orang per tahun. Konsumsi itu mencapai dua kali dari masyarakat di kawasan Asia Tenggara yang hanya 65 kg sampai 70 kg.

"Beras sudah di batas atas," kata Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan, disela kunjungan pasar modern Simpansa, Serpong, Tangerang, Selasa 13 Desember 2011.

Gita menuturkan konsumsi masyarakat yang hanya mencapai setengah dari Indonesia itu di antaranya terjadi di Thailand, Vietnam, dan Malaysia. "Jadi kalau kita perhatikan orangĀ  Vietnam dia itu makan sup dulu, salad kemudian nasi. Kalau kita kan langsung satu gunung nasi. Nah ini yang pola konsumsinya yang harus diubah sedikit," kata Gita.

Dia menambahkan, imbauan pemerintah untuk mengalihkan konsumsi nasi bukan berarti masyarakat tak lagi mengonsumsi nasi melainkan cukup mengurangi saja. "Kalau kita bisa mengurangi 140 kg, anggaplah 100 kg atau 90 kg, kita akan menjadi salah satu eksportir terbesar di dunia." ujarnya.

Untuk meyakinkan program tersebut bisa terlaksana, Mendag mengungkapkan kelompok masyarakat yang telah berhasil mensubtitusikan beras ke singkong terdapat daerah di Cirendeu, Jawa Barat. Di wilayah ini, masyarakat mulai mengonsumsi singkong dan kesehatan mereka masih tetap terjaga.

Disamping mengimbau masyarakat, Gita juga mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan kementerian terkait mengenai lahan-lahan yang bisa disediakan untuk ditanamin tanaman pokok.

Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA

"Kita sedang koordinasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan untuk mengembangkan lahan-lahan yang bisa dilakukan subtitusi," kata Gita. (umi)

Pemain Timnas Qatar U-23 merayakan gol

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024