Waskita, BUMN Dhuafa yang Bangkit dari Krisis

BUMN
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Negara BUMN saat ini sedang menangani 15 perusahaan BUMN yang direstrukturisasi dan revitalisasi. Dari 15 BUMN tersebut, tercatat empat perusahaan yang sudah masuk dalam tahap implementasi dan monitoring.

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

Dalam paparan Bahan Rapat Kerja Menteri Negara BUMN dengan Komisi VI DPR yang dikutip VIVAnews.com, Selasa 13 Desember 2011, keempat BUMN tersebut adalah PT Waskita Karya (persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT Industri Gelas (Persero), PT Dirgantara Indonesia (Persero) dan PT Merpati Nusantara Airlines.

Dari keempat BUMN tersebut, Waskita telah menunjukkan peningkatan kinerja baik secara operasional yang ditunjukkan dengan peningkatan sales dan secara keuangan yang ditunjukkan dengan peningkatan perolehan keuntungan.

Dalam laporan keuangan 2009 laba Waskita mencapai Rp50,68 miliar,  dan naik 144 persen pada 2010 menjadi Rp124,08 miliar. Dalam RKAP 2011 laba ditargetkan menjadi Rp201,22 miliar.

Waskita merupakan perusahaan konstruksi milik pemerintah yang sebelumnya sempat terpuruk. Perusahaan itu bahkan sempat 'dirawat' oleh PPA karena mengalami kasus pemalsuan laporan keuangan dengan nilai kerugian mencapai Rp500 miliar.

Namun, seiring dengan berbagai upaya perbaikan termasuk mulai banyaknya proyek-proyek yang digarap, kinerja Waskita terus menunjukan tren positif. Bahkan, pemerintah berencana melepas saham perusahaan ke publik melalui proses penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). 

Dari laman websitenya, Waskita tercatat memiliki empat anak usaha dan perusahaan patungan seperti PT Ismawa Trimatra, PT Citra Waspphutowa, PT Translingkar Kita Jaya, dan PT Cinere Serpong Jaya.

Nasib, nasib yang sama justru belum terjadi pada tiga BUMN lain yang telah masuk dalam program restrukturisasi pada 2011. Khusus untuk Merpati, Kementerian BUMN meminta agar memindahkan kantornya yang saat ini berlokasi di Kemayoran ke Halim Perdanakusuma atau Cengkareng.

Sedangkan untuk keseluruhan BUMN yang direstrukturisasi, Kementerian BUMN meminta agar fokus kepada bisnis inti hingga kondisi keuangan masing-masing perusahaan membaik.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik
Ilustrasi remaja.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

hasil riset HILL ASEAN Study 2021, mengungkap bahwa Gen Z ternyata memang mengutamakan nilai-nilai kekeluargaan maupun komunitas. Mereka tumbuh jadi generasi harmonis.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024