Kondisi Dapur yang Bikin Gemuk

interior dapur
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Dapur merupakan pusat kehangatan dalam rumah. Kesehatan keluarga juga ditentukan dari kondisi dapur. Sangat penting untuk membuat tata letak dapur yang pas, termasuk pilihan perabot.

Tanpa disadari, keduanya bisa membuat Anda makan berlebihan. Mulai dari pilihan warna di dapur, ukuran piring hingga cahaya, menurut penelitian yang dipublikasi dalam Annual Reviews of Nutrition, kondisi dapur juga berpengaruh pada berat badan Anda.

Jika berat badan Anda terus meningkat bisa jadi karena kondisi dapur. Empat hal ini bisa jadi pemicunya.

1. Ukuran piring yang besar

"Sebagian besar orang akan selalu memenuhi piringnya dengan makanan dan menghabiskannya," kata Lisa Young, PhD, RD, penulis buku 'The Portion Teller Plan', seperti dikutip dari Prevention.

Dengan makan dalam piring yang lebih kecil, sebenarnya Anda akan jadi mengambil makanan lebih sedikit. Bahkan, dengan menggunakan piring yang lebih kecil, Anda bisa menurunkan berat badan secara signifikan. Jadi, coba ganti piring besar yang ada di rak makan dengan piring yang lebih kecil.

2. Cahaya terang di dapur dan ruang makan

Pencahayaan yang sangat terang dapat meningkatkan tingkat stres dan hal ini bisa merangsang nafsu makan. Menurut beberapa penelitian kondisi tersebut membuatĀ  Anda makan lebih cepat dari biasanya. Ingatlah, makan dengan cepat membuat makanan tidak dikunyah dengan baik. Sistem pencernaan pun bekerja lebih keras untuk mengolahnya.

3. Dapur berantakan
"Dapur seringkali jadi area menumpuk barang," kata Peter Walsh, penulis buku 'Does This Clutter Make My Butt Look Fat'.

Kondisi dapur yang berantakan akan membuat Anda makin sulit untuk mengonsumsi makan sehat. Pasalnya, Anda akan cenderung mengambil cemilan yang praktis atau makanan instan, karena tak ingin berlama-lama di dapur.

4. Dapur jadi pusat kegiatan

Memang sangat nyaman jika bercengkrama di dapur atau meja makan, sambil menikmati cemilan dan makanan. Namun, jika dapur atau meja makan dijadikan pusat kegiatan, baik untuk bekerja atau bersantai, akan membuat Anda lebih mudah mengambil makanan. Sehingga, Anda pun makan lebih sering atau lebih banyak.

Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke
Ilustrasi/Pelajar diamankan saat mau tawuran.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Untuk mencegah terjadinya aksi kekerasan di lingkungan sekolah, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti oleh guru, orang tua, dan siswa:

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024