Tentang Penyakit Nunun: Vertigo Neuropati

Ilustrasi stroke
Sumber :
  • nextgenerationku.com

VIVAnews - Sosok Nunun Nurbaeti menjadi sorotan. Terlepas statusnya sebagai tersangka dugaan suap dalam pemilihan Deputi Senior Bank Indonesia pada 2004, Nunun yang istri mantan Wakapolri Komjen (Purn) Adang Daradjatun menjadi perbincangan terkait penyakitnya yang dapat menghambat penyelesaian kasus hukum.

Dokter ahli penyakit saraf, yang menanganinya sejak 2006, dr Andreas Harry, SpS (K), menyebut sakitnya: vertigo neuropati.

Menurut cacatan medis sang dokter, Nunun mengalami sakit itu sejak September 2006. Pemeriksaan CT Scan pada Januari 2008, menunjukkan bercak-bercak di otaknya. Sementara serangan stroke pada Juni 2009, membuat kondisinya semakin memburuk dengan penurunan kemampuan ingatan atau demensia.

Seperti dikutip Daily Mail, dalam dunia medis, neuropati merupakan suatu kondisi yang mempengaruhi sistem saraf, di mana serat-serat saraf menjadi rusak sebagai akibat dari cedera atau penyakit. Gejala neuropati dapat bervariasi tergantung di mana saraf yang rusak.
 
Sementara vertigo adalah penyakit dengan gejala rasa pusing, dan berat di kepala. Saat serangan datang, penderita vertigo merasakan sensasi seolah-olah lingkungan di sekelilingnya berputar. Vertigo biasanya menjadi tanda adanya penyakit lain di tubuh pasien. Namun bisa juga, berhubungan dengan radang telinga bagian dalam (labyrinthitis), atau infeksi telinga.

Vertigo kronis disebut Meniere. Penderitanya rutin mengalami pingsan dan muntah serta telinga berdengung. Untuk meredakan serangan vertigo, para dokter sering meresepkan obat antihistamin. Namun tak menjamin dapat mengendalikan serangan vertigo.

Penyakit itu juga berhubungan dengan berkurangnya aliran darah ke telinga bagian dalam. Salah satu pengobatan alternatif vertigo adalah ramuan ginkgo biloba. Tumbuhan ini meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, serta mendukung sel menghasilkan energi.

Penyebab vertigo terbanyak karena adanya gangguan pada leher. Misalnya, tulang dan otot berfungsi sebagai struktur penyangga atau pendukung leher. Maka pengapuran pada tulang leher mudah menimbulkan ketegangan pada otot leher yang pada gilirannya akan memunculkan gejala vertigo.

Kasus vertigo karena gangguan leher, selain diatasi dengan obat, juga dengan fisioterapi berupa latihan relaksasi untuk daerah leher. Kalau perlu dilakukan traksi (otot-otot yang kaku ditarik) agar ruas yang menyempit bisa dipulihkan.

Bagaimana dengan timbulnya vertigo yang melibatkan organ otak sentral? Selain akibat cedera atau memar pada kepala belakang, ini bisa terjadi karena suplai darah ke otak berkurang atau tak lancar. Bila aliran darah ke otak kecil kurang dari 50 ml/detik, maka seseorang akan mengalami vertigo, yang apabila tidak segera ditanggulangi bisa menimbulkan stroke.

Nunun kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Ia pingsan saat menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dokter mengatakan, ia pingsan karena mengalami stroke iskemik. Terhentinya sebagian atau keseluruhan aliran darah ke otak ini terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah berulang. (umi)

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia
Diler Mitsubishi Fuso di Morowali, Sulawesi Tengah.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, pada Jumat kemarin meresmikan diler 3S (Sales, Service, Spare P

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024