Ruhut: Jadi Tersangka, Copot dari DPR

Ruhut Sitompul & Tim Kuasa Hukum Anas Urbaningrum (Demokrat)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews – Politisi Demokrat Ruhut Sitompul meminta anggota DPR yang telah menjadi tersangka, untuk mundur dari keanggotaan DPR. Ucapan Ruhut ini ditujukan untuk Wa Ode Nurhayati, anggota Badan Anggaran DPR dari Fraksi PAN yang ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap penetapan Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPPID).

“Saya rasa baiknya semua fraksi yang ada di DPR meneladani Demokrat. Manakala ada kadernya yang sudah menjadi tersangka, copot saja, seperti yang kami (Demokrat) lakukan kepada Nazaruddin,” kata Ruhut di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 13 Desember 2011.

KPK menetapkan Wa Ode Nurhayati sebagai tersangka kasus korupsi DPPID tahun 2011. Dia dituding menerima suap Rp6 miliar dari seorang pengusaha asal Sumatera Utara, sebagai syarat agar Badan Anggaran DPR (Banggar) menggolkan proyek DPPID tahun 2011 sebesar Rp40 miliar di tiga kabupaten, yakni Aceh Besar, Bener Meriah, dan Pidie Jaya.

Wa Ode sendiri telah membantah tudingan itu. Namun ia mengaku ikhlas menerima penetapan dirinya sebagai tersangka. “Saya Ikhlas dan pasrah menerima ujian Tuhan. Saya hanya tahu satu hal, saya tidak bersalah,” tegas Wa Ode. Politisi asal daerah pemilihan Sulawesi Tenggara ini lantas menegaskan akan blak-blakan membongkar praktek mafia anggaran di Banggar DPR di hadapan penyidik KPK.

Ruhut pun mendukung niat Wa Ode untuk membongkar praktek mafia anggaran di DPR tersebut. “Buka semua, selama itu bukan fitnah dan ada buktinya. Biar terang-benderang, biar terbuka bagaimana kebusukan orang-orang yang berkaitan dengan Banggar,” kata anggota Komisi Hukum DPR itu. “Juga kalau pernah merasa diperas, harus dibuka. Kapan lagi kita akan mendukung upaya pemberantasan korupsi,” imbuhnya. (eh)

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto
Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024