Tiga PLTU Diresmikan Akhir Desember

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Muara Karang, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral menargetkan pada akhir 2011 ini akan ada tiga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang akan diresmikan. Peresmian tiga PLTU ini merupakan bagian dari Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menjelaskan, pada 28 Desember 2011 nanti akan meresmikan tiga PLTU yaitu PLTU Suralaya unit 8 berkapastitas 1x625 MW, PLTU Lontar berkapasitas 3 x 315 MW, dan PLTU Tanjungjati B berkapasitas 2x660 MW. "Itu rencana diresmikan Desember ini dan merupakan prestasi Kementerian ESDM pada 2011," katanya di Jakarta, Selasa 13 Desember 2011.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 8 Mei 2024

Seperti diketahui, PLN membangun 36 pembangkit listrik berbahan bakar batu bara, 10 di Pulau Jawa dan 26 di luar Pulau Jawa, serta proyek transmisinya termasuk dalam Fast Track Program tahap I.

Selain itu, Jero mengatakan, selama 2011 ini Kementerian telah melakukan groundbreaking di sektor energi, salah satunya di Blok Cepu. "Ini untuk menaikkan produksi yang ditargetkan menjadi 165 ribu barel pada 2013 nanti," katanya.

Harus Responsif Layani Jemaah, Kinerja Petugas Haji Dituntut Makin Profesional

Jero menjelaskan groundbreaking blok Cepu dan percepatan pembangunan PLTU tersebut merupakan tugas yang diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Sewaktu dilantik, saya diminta mempercepat groundbreaking Cepu, maka kami kebut dalam satu setengah bulan ini selesai," ujar Jero. (eh)

Ilustrasi/Narkoba jenis sabu-sabu

Oknum Anggota Polisi di Bone Pakai dan Edarkan Sabu-sabu ke Warga

Seorang oknum anggota polisi inisial H (30), di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ditangkap. Anggota Polri berpangkat Briptu diringkus lantaran ketahuan menjual sabu-sabu.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024