Darmin: Suap Deputi Gubernur BI Menyedihkan

Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews- Ditangkapnya Nunun Nurbaeti membawa babak baru bagi kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda S Goeltom. Nunun diharapkan dapat membuka tabir siapa di balik Nunun yang berperan sebagai pemberi suap.

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior BI itu telah menjadi sejarah. Yang terpenting adalah bagaimana mengantisipasi agar kasus itu tidak terulang lagi. "Memang kita tidak tahu kasus ini siapa yang mengambil inisiatif, bahwa terjadi di Bank Indonesia, itu menyedihkan," ujar Darmin dalam Pertemuan Tahunan Perbankan dengan media di Bank Indonesia, Selasa 13 Desember 2011.

Kasus suap Deputi Gubernur Senior BI itu memberikan pelajaran agar kasus suap pemilihan anggota Dewan Gubernur tak kembali terjadi. Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan di bawah kepemimpinannya, para calon anggota Deputi Gubernur yang akan melakukan fit and proper test diminta membuat surat pernyataan siap mengundurkan diri jika kemudian ditemukan kasus penyimpangan dalam proses fit and proper test.

"Jadi calon Deputi Gubernur BI yang akan di fit and proper test oleh DPR membuat pernyataan, tidak akan melakukan ini, itu, termasuk suap," ujar dia.

Seperti diketahui, Nunun diduga sebagai pihak yang memberi cek pelawat kepada sejumlah anggota DPR untuk pemilihan DGS BI yang saat itu dimenangi oleh Miranda Goeltom. Namun hingga saat ini siapa yang berperan di balik Nunun masih belum jelas.

Miranda Goeltom sendiri telah beberapa kali diperiksa KPK dalam kasus yang sama. Ia sendiri sudah membantah tudingan itu. “Saya tidak pernah menjanjikan untuk memberi uang atau apapun kepada siapapun sebelum atau setelah pemilihan. Saya patut menjadi DGS tanpa berbuat demikian,” kata Miranda 26 Oktober 2010 lalu, usai diperiksa KPK.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya
Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang

Kemnaker Berkomitmen Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

Kemnaker terus meningkatkan kinerja pelayanan publik dari Balai Besar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (BBK3) Jakarta pada bidang pelayanan K3 di Industri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024