Dapat Pinjaman US$800 Juta, PLN Bangun PLTA

Waduk Batutegi PLTA Lampung
Sumber :
  • friendster.com

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara mendapatkan bantuan dari Bank Dunia sebagai executing agency untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air Upper Cisokan Pumped Storage 4x260 Megawatt di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

PLTA Upper Cisokan adalah PLTA dengan sistem pumped storage pertama di Indonesia. Total biaya proyek sebesar US$800 juta, terdiri dari pinjaman sebesar US$640 juta untuk pekerjaan utama dan Anggaran Pinjaman Luar Negeri/APBN sebesar US$160 juta untuk pekerjaan prasarana dan pembebasan tanah.

PLTA ini mempunyai dua buah reservoir yaitu upper reservoir (waduk atas) dan lower reservoir (waduk bawah). Pola operasi PLTA pada waktu beban puncak antara pukul 17.00-22.00 air akan dilepas dari upper reservoir ke lower reservoir untuk menghasilkan listrik.

Sebaliknya pada waktu di luar beban puncak, air akan dipompakan kembali dari lower reservoir ke upper reservoir memanfaatkan energi dari sistem Jawa Bali.

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

Dengan demikian, PLTA ini bisa beroperasi sepanjang tahun (tidak tergantung debit sungai dan musim) tanpa mengganggu debit sungai dan irigasi yang berada di sekitarnya. Kalaupun dibutuhkan tambahan air, hanya digunakan sedikit air untuk mengatasi penguapan di waduk tersebut.

"Kalaupun dibutuhkan tambahan air, hanya digunakan sedikit air untuk mengatasi penguapan di waduk tersebut," kata Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto, di Jakarta, Rabu 14 Desember 2011.

Dia menambahkan, PLTA pumped storage memiliki nilai keekonomisan yang tinggi. "Hal ini secara sederhana dapat dijelaskan, pada saat menghasilkan listrik dianggap sebagai pengganti pembangkit PLTG dengan BBM yang sangat mahal, sedangkan untuk memompa dipakai listrik dari PLTU batu bara yang relatif murah," ujarnya.

Surat keputusan penetapan lokasi dari Gubernur Jawa Barat telah terbit 27 Oktober 2011 dan loan agreement ditandatangani 29 November 2011, dengan demikian Proyek PLTA Upper Cisokan sudah bisa mulai dibangun.

PLTA Upper Cisokan Pumped Storage 4x260 MW itu diharapkan bisa mulai beroperasi 2016 untuk membantu memenuhi kebutuhan beban puncak sistem Jawa Bali yang pada saat ini hampir mencapai 20 ribu MW dan diprediksi pada 2016 akan mencapai 29 ribu MW. (adi)

VIVA Militer: Gedung Konsulat Iran di Damaskus hancur akibat serangan Israel

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Pasukan Iran ditarik dari wilayah selatan Suriah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024