PTPN II Cari Investor Kembangkan Kota Baru

kangbashi, kota mati china
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews – PT Perkebunan Nasional (PTPN) II saat ini sedang mencari investor, baik lokal maupun asing untuk mengembangkan lahan seluas delapan ribu hektare yang akan dijadikan kota baru bernama Kota Deli Megapolitan.

Direktur Utama PTPN II, Bhatara Nasution menuturkan, lahan tersebut berada di sebelah utara barat kota Medan. Tepatnya, antara Kualanamu dan pelabuhan Belawan. "Nanti akan kita lihat konsep yang ditawarkan para investor dan akan dikembangkan," kata dia, di Jakarta, Kamis 15 Desember 2011.

Menurut Bhatara, nantinya di kota baru tersebut akan dikembangkan kawasan bisnis dan perumahan asing. Bahkan, Kota Deli Megapolitan akan berkonsep kota hijau, di mana 60 persen di antaranya diperuntukkan untuk kota hijau.

Ia menambahkan, lahan seluas itu merupakan aset tidak produktif tapi terletak di daerah perkotaan sehingga jika digunakan untuk perkebunan kelapa sawit tidak efektif.

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

PTPN II berharap konsep ini dapat menambah nilai aset perusahaan. Rumah yang nanti dijual, berupa Hak Guna Bangunan di atas Hak Pengelolaan Lingkungan.

Bhatara memperkirakan, pada akhir tahun ini diharapkan sudah mendapatkan investor untuk mengembangkan kota satelit itu dan pada 2012 mendatang pembangunan sudah dapat dimulai. "Nantinya, untuk pengembangan akan sinergi antara Pemda, swasta dan PTPN," katanya.

Sebelumnya, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menjelaskan bahwa untuk menangani aset tidak produktif, Kementerian BUMN mempunyai empat cara. Pertama, aset-aset yang memiliki potensi diproduktifkan. Ia mencontohkan PTPN II mempunyai aset tanah di dalam kota Deli.

"Tanah tersebut diubah dari tanah perkebunan menjadi perkotaan, karena kalau tidak didayagunakan dijarah orang," kata mantan dirut PLN ini.

Rencananya tanah itu akan dibangun menjadi mal, karena letaknya yang strategis, di antara kota dan bandara baru. Dengan dibangun pusat perbelanjaan, maka akan meningkatkan kekayaan negara itu menjadi ribuan triliun. (umi)

LPS gelar jumpa pers di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kini membuka Kantor Perwakilan LPS I Medan, di Gedung Sinarmas Plaza, Kota Medan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024