AS Beri Kabar Baik, Saham Asia Naik

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kinerja bursa saham Asia mengalami kenaikan setelah data-data ekonomi Amerika Serikat menunjukan adanya perbaikan. Sentimen positif  juga merembet ke bursa Eropa yang mengalami rebound.

Padahal tiga hari sebelumnya, krisis ekonomi Eropa telah membuat para investor melepas aset-aset yang berisiko tinggi.

Pada perdagangan hari ini, indeks Nikkei Jepang mencatat kenaikan sebesar 0,4 persen. Sementara indeks MSCI Asia Pasifik diluar Jepang juga naik 0,3 persen.

Dari tanah air, indeks harga saham gabungan kemarin ditutup melemah 50,064 poin atau 1,33 persen ke level 3.701,540. Indeks LQ 45 juga terkoreksi 10,654 poin atau 1,61 persen.

Sementara itu, bursa saham AS kemarin mencatat kenaikan pada penutupan perdagangan setelah sebelumnya jatuh karena isu tingkat pengangguran. Data-data mengenai bangkitnya aktivitas industri di kawasan regional dan hasil mengejutkan dari kinerja FedEx Corp menunjukkan peningkatan aktivitas ekonomi di wilayah tersebut.

"Bisakan AS melakukan hal ini sendiri? Tidak," kata Chief Investment Officer dari Solaris Asset Management, New York, Tim Ghriskey seperti dikutip laman reuters.com, Jumat, 16 Desember 2011.

Tim optimistis, di luar krisis Eropa yang masih menghantui ekonomi global, sejumlah negara di dunia akan mengalami pertumbuhan positif. "Kami tidak berpikir bahwa ini akan menjadi berantakan," katanya.

Bursa saham dunia kemungkinan masih harus menghadapi masalah akibat penurunan peringkat surat utang beberapa negara di Eropa. Apalagi dalam pertemuan pemimpin negara Eropa yang terakhir, tidak ada resolusi yang cepat dalam menangani krisis, serta membatasi keuntungan dari mata uang tunggal. (umi)

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024