Investment Grade, 3 BUMN Siap IPO Tahun Depan

Mantan Meneg BUMN Dahlan Iskan [CLOSE UP]
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Keberhasilan Indonesia meraih peringkat investment grade dari Fitch Rating akan menyebabkan arus modal asing yang masuk ke Indonesia semakin deras. Kemungkinan itu dimanfaatkan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan untuk mendorong perusahaan pemerintah melakukan pelepasan saham perdana kepada publik atau initial public offering (IPO).

"Paling tidak, tiga BUMN akan IPO tahun depan," kata Dahlan Iskan di Jakarta, Jumat 16 Desember 2011.

Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya

Kendati belum mau menyebutkan BUMN mana saja yang akan IPO pada 2012 mendatang, Dahlan sedikit memberikan bocoran bahwa salah satu perusahaan yang dimaksud adalah BUMN di sektor semen yang rencananya akan melepas saham ke publik pada Juli 2012 mendatang.

Selain tiga perusahaan pelat merah tadi, Kementerian BUMN juga akan mendorong anak perusahaan BUMN untuk melakukan IPO. Namun jika belum siap, Kementerian BUMN mempersilahkan perusahaan pemerintah untuk menerbitkan obligasi.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Dari catatan VIVAnews, Kementerian BUMN pernah mengungkapkan rencana IPO dua perusahaan pemerintah yaitu Perum Pegadaian dan PT Semen Baturaja. Keduanya diharapkan bisa menggelar IPO pada 2012 mendatang.

Selain dua perusahaan BUMN yang sahamnya langsung dimiliki pemerintah tersebut, Kementerian juga mengungkapkan dua anak perusahaan BUMN dari PT Pertamina dan PT Krakatau Steel Tbk sedang mempersiapkan diri untuk melantai di bursa.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Menurut Dahlan, langkah IPO yang telah dilakukan oleh sejumlah BUMN, terbukti membuat kinerja perusahaan milik negara menjadi lebih baik. Dengan alasan itu pula, dirinya mendorong agar BUMN tak segan melakukan IPO.

"Selama ini terbukti BUMN menjadi lebih besar setelah IPO, sehingga kenapa tidak didorong untuk IPO,? " katanya.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali mendatangi rumah pribadi Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Selasa malam, 23 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024