Musisi Asal India di Jakarta Blues Festival

I Wayan Balawan
Sumber :
  • gitaris.com

VIVAnews - Jakarta Blues Festival (JBF) kembali digelar di Istora Senayan, Jakarta, 17 Desember besok. Dengan mengusung tema 'Keepin The Blues Alive: In Blues We Trust', JBF tahun ini akan menghadirkan kejutan istimewa. Apakah itu?

Dengan menghadirkan lima panggung khusus, acara ini menghadirkan musisi-musisi blues dalam negeri seperti Gugun Blues Selter dan Sandhy Sondoro. Mereka berdua juga menjadi ikon Jakarta Blues Festival tahun ini.

Tak hanya Gugun dan Shandy Sondoro yang merasa antusias menyambut acara ini. Gitaris berbakat dari Indonesia, I Wayan Balawan juga antusias terhadap acara ini. Ia juga akan menjadi pengisi acara di gelaran musik blues ini. Musisi asal pulau Dewata ini, akan membawakan 5 lagu, tiga diantaranya merupakan lagunya sendiri. Mengenai soal lagu, dirinya mengaku akan membawakan lagu-lagu yang fleksibel.

"Musik blues, kalo kita main terlalu simpel nanti dibilang monoton, tapi kalo terlalu tinggi dianggap berat, jadi saya berusaha kombinasikan semua itu dari cara mainnya," ungkapnya saat press conference Jakarta Blues Festival, di Birdcage Cafe, Jakarta, Jumat, 16 Desember 2011.

Balawan yang sudah diundang dua kali ke luar negeri dalam acara blues festival menyatakan bahwa musik blues di Indonesia memang kurang terdengar. Baru beberapa tahun belakangan ini terdengar gaungnya. Hal  itu menurutnya tergantung dari respon masyarakat dan media.

"Sebenarnya respon dari masyarakat dan pengaruh media, penting banget. Peran media untuk merubah imej masyarakat itu penting banget. Sekarang, karena ada jazz festival atau blues festival, menu untuk musik jadi lebih banyak, jadi wawasan masyarakat lebih terbuka," ujarnya.

Ia juga berharap dalam acara ini bukan hanya sekadar mengundang musisi blues mancanegara untuk tampil, melainkan harus ada juga pertukaran ilmu.

"Dengan acara ini harapannya ke depan bukan cuma mengundang musisi luar untuk tampil, tapi juga diharapkan musisi internasional itu berkolaborasi dengan musisi lokal, jadi semacam ada pembelajaran dari segi musik dan performance," ungkap musisi berdarah Bali itu.

Balawan pun mengaku penasaran dengan musisi blues asal India yang juga akan tampil dalam Jakarta Blues Festival, Sabtu, 17 Desember 2011 di Istora Senayan.

"Ada musisi blues dari India, jadi penasaran mainnya kayak apa, apakah pake sitar, penasaran aja," tuturnya. (hp).



Mekanisme Sidang Sengketa Pileg 2024, MK Bagi 3 Panel Hakim
Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in literasi digital

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in Literasi Digital dengan mengusung tema “Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya”.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024