FOTO: Perhiasan Perak Bangsa Viking

Gelang perak peninggalan bangsa Viking
Sumber :
  • REUTERS/ Stefan Wermuth

VIVAnews - Seorang pria asal Inggris, Darren Webster, menemukan 201 perhiasan perak peninggalan Raja Bangsa Viking pada abad ke-10. Ia menemukannya di dalam sebuah kotak yang tertimbun di bawah permukaan tanah sebuah lapangan di Silverdale, Lancashire, Inggris.
 
Webster menemukannya tanpa sengaja. Kala itu, ia yang memang penggemar metal detektor, sedang berjalan-jalan memainkan perangkat metal detektor miliknya. Alat yang ia bawa tiba-tiba mendeteksi adanya logam yang tertimbun sekitar 18 inchi atau 45 sentimeter di bawah tanah yang ia injak.

"Alat saya mendeteksi ada logam perak di dalam tanah," ujarnya seperti dikutip Daily Mail. "Saya sempat sedikit kecewa, saya hanya melihat kotak seperti panci. Tapi, ketika saya mengangkatnya, ternyata di bawah ada lubang dan saat itu perak-perak berjatuhan. Saat itulah saya merasa menemukan sesuatu yang penting."

Sebanyak 201 perak tersebut terdiri atas 27 koin, 10 gelang, dua cincin, sebuah rangkaian halus, dan 14 perak batangan. Penasaran melihatnya? Simak foto-foto perhiasan yang kini dipamerkan di Museum Inggris, di tautan ini.

92.493 NIK Warga Jakarta Bakal Dinonaktifkan Pekan Depan
ilustrasi bank.

OJK Cabut Izin usaha BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Pencabutan itu dilakukan OJK itu sebagai tindakan pengawasan untuk menjaga dan memperkuat industri perbankan serta melindungi konsumen. 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024