Darmin: Kenaikan Peringkat 8 Bank Wajar

Darmin Nasution Ikuti Uji Kelayakan Cagub Bank Indonesia
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menilai kenaikan peringkat delapan bank yang dilakukan Fitch Ratings sudah sewajarnya, karena mengikuti kenaikan peringkat Indonesia. Kenaikan peringkat negara akan menarik rating perusahaan, termasuk bank.

"Kenaikan rating Indonesia dari awal sudah disampaikan. Keuntungan perbankan dan perusahaan ikut naik. Jadi, itu otomatis. Perusahaan yang bagus, rating akan naik," ujar Darmin di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin 19 Desember 2011.

Hari ini, Fitch Ratings menaikkan peringkat utang jangka panjang delapan bank di Indonesia. Bank-bank itu adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, Lembaga Pembiayaan Export-Import (Indonexim), PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Internasional Indonesia Tbk, dan PT CIMB Niaga Tbk. Outlook semua bank ini stabil.

"Kenaikan peringkat bagi bank ini terutama tiga bank BUMN (Bank Mandiri, BRI, dan BNI) dan Indoexim yang dimiliki pemerintah dari BB+ menjadi BBB-. Ini mencerminkan pandangan Fitch dengan kemungkinan dukungan pemerintah pada saat dibutuhkan. Bank itu juga memiliki peranan dalam pertumbuhan ekonomi," kata Direktur Financial Institution Fitch, Julita Wikana, dalam keterangan pers, Senin, 19 Desember 2011.

Kenaikan peringkat utang CIMB Niaga, OCBC NISP, dan BII dari BB+ menjadi BBB. Kenaikan ini merefleksikan ekspektasi Fitch dengan kekuatan dari bank asing. Sementara itu, kenaikan peringkat surat utang BCA berdasarkan rekam jejak dan pemberian kredit, yang memiliki hubungan ekonomi domestik. (art)

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres
Ilustrasi pasien dirawat di rumah sakit.

Ahli Ungkap 7 Tanda Sekarat hingga Sebabkan Kematian, Apa Saja?

Tanda dari kondisi sekarat umumnya bisa terlihat dari perubahan pada tubuh entah wajah, mata atau bahkan pembicaraan yang kadang dirasa aneh oleh keluarga.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024