Ratusan Karyawan Chevron Pacific Mogok

Chevron Profit
Sumber :
  • Getty Images

VIVAnews - Aksi mogok kerja seolah tengah menjadi tren di perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Usai mogok kerja karyawan PT Freeport Indonesia, kini giliran ratusan pekerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) menggelar aksi unjuk rasa diikuti mogok kerja.

Rocky Gerung Prediksi Megawati Berani Pilih jadi Oposisi: PDIP Selama Ini Terlalu Pragmatis

Para pekerja perusahaan minyak asal Amerika Serikat ini menuntut agar hak-hak yang belum dibayarkan segera diberikan kepada pekerja.

"Hak kami seperti uang kehadiran dan cuti tidak dibayarkan. Padahal perusahaan lain dibayarkan," jelas Armaini, perwakilan demonstran dalam aksinya berlangsung di depan halaman PT CPI Rumbai, Pekanbaru, Riau, Selasa 20 Desember 2011.

Dalam tuntutannya, para pekerja mendesak manajemen Chevron untuk menetapkan upah buruh sesuai keahlian yang dimiliki. Para pekerja juga meminta tunjangan transportasi, tunjangan kehadiran, tunjangan hari raya (THR), dan pesangon.

Ramalan Zodiak Minggu 14 April 2024: Cancer Akan Menemukan Belahan Jiwa, Kehidupan Cinta Libra Rumit

Armaini menilai, manajemen Chevron selama ini tidak mempedulikan kondisi para pekerjanya. "Harusnya ada perhatian. Tapi sejauh ini belum ada penyelesaian," ungkapnya

Aksi tersebut mendapat pengawalan dari polisi. Ratusan aparat keamanan dikerahkan yang terdiri dari polisi anti huru-hara dan security Chevron. Para demonstran yang terdiri dari lelaki dan wanita itu bertekad tidak akan bubar sebelum ada penyelesaian atas tuntutan mereka.

Laporan: Ali Azumar | Riau

Lebaran Sehat! Resep Sayur Praktis dan Lezat Tanpa Santan, Cocok untuk Anak-anak
Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Berikut lima berita terpopuler VIVA.co.id kanal news sepanjang Sabtu, 13 April 2024. Terpopuler soal syarat Iran agar tak jadi menyerang Israel.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024