Kisah Tragis Miss Venezuela Lawan Kanker

Eva Ekvall
Sumber :
  • daily mail

VIVAnews - Eva Ekvall menyerah setelah dua tahun berjuang melawan kanker payudara. Mantan Miss Venezuella, yang menyabet runner up ketiga Miss Universe 2001, ini menghembuskan napas terakhir di sebuah rumah sakit di Houston, Texas, akhir pekan lalu.

Usianya masih 28 tahun. Meninggalkan suami, seorang produser radio, John Fabio Bermudez, dan seorang putri yang masih berusia dua tahun, Miranda.

Ekvall terdiagnosis kanker payudara pada Februari 2010. Ia terlambat mengetahui penyakit itu karena mengira benjolan di payudaranya hanya perubahan tubuh akibat kehamilan. "Saya marah terhadap diri sendiri, seharusnya saya tak mengabaikannya," katanya. "Bibi dan nenek saya meninggal akibat kanker payudara."

Selama sakit, ia menorehkan kisah perjuangan melawan kanker lewat buku bertajuk 'Fuera de Coco atau Out of Focus'. Bersama fotografer Roberto Mata, ia mengabadikan perubahan tubuhnya dari waktu ke waktu hingga seluruh helai rambut kepalanya lenyap.

“Mulanya saya ragu apakah saya akan terlihat cantik atau tidak di foto. Tapi akhirnya, saya pikir foto-foto ini bukan soal cantik atau tidak, saya tidak harus tampil cantik. Saya punya kanker,” ucapnya dalam buku yang juga memuat pesan-pesan dukungan dari keluarga dan sahabat.

Menjalani serangkaian perawatan termasuk kemoterapi, radiasi, dan mastektomi, tubuhnya terus membengkak, dan seluruh helai rambutnya rontok. Tak hanya rambut di kepala, tapi juga alis dan bulu mata.

"Foto-foto itu betul-betul membuat syok karena tidak seorang pun pernah melihat saya seperti ini. Tidak seorang pun pernah melihat saya botak, tanpa riasan," Ekvall menambahkan. "Sungguh menyakitkan melihat diri saya sendiri di cermin."

Melalui buku itu Ekvall ingin menyampaikan pesan pentingnya pencegahan kanker payudara. Apalagi kepada masyarakat di negaranya, di mana implan payudara dan operasi plastik sudah menjadi hal lumrah.

Ekvall menghembuskan napas terakhir di samping suami dan putrinya. Menjelang kepergiannya, sang suami sempat memotret tangannya yang menggenggam erat jemari Ekvall. Sang suami mengunggah foto itu ke Twitter dengan pesan, “Selalu bersama, saya mencintaimu, istriku.”

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut
Ilustrasi mayat/jenazah.

Kasus Pria Ditemukan Tewas di Freezer Mobil Es Krim, Polisi: Diduga Terkunci dari Luar

Seorang pria berinisial Z ditemukan tewas dalam freezer mobil pengangkut es krim di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024