Kisah Selebritas Cantik Idap Kanker Payudara

Eva Ekvall
Sumber :
  • daily mail

VIVAnews - Kisah kematian Eva Ekvall begitu menghentak. Di usia 28 tahun, Miss Venezuela yang menyabet runner up ketiga Miss Universe 2001 ini, menghembuskan napas terakhir akibat kanker payudara.

Ekvall terlambat menerima diagnosis penyakitnya. Membuatnya sulit bertahan setelah hampir dua tahun berjuang dengan beragam perawatan termasuk kemoterapi, radiasi, dan mastektomi.

Ia terlambat mengetahui penyakit itu karena mengira benjolan di payudaranya hanya perubahan tubuh akibat kehamilan. "Saya marah terhadap diri sendiri, seharusnya saya tak mengabaikannya. Bibi dan nenek saya meninggal akibat kanker payudara."

Tubuhnya yang membengkak terus melemah. Seluruh helai rambut di kepalanya tanggal menyisakan kepala botak. Rambut halus di alis dan bulu matanya pun rontok tak bersisa.

"Tidak seorang pun pernah melihat saya botak, tanpa riasan. Sungguh menyakitkan melihat diri saya sendiri di cermin," ucapnya lewat sebuah buku yang ia tulis sebelum meninggal, bertajuk 'Fuera de Coco atau Out of Focus', seperti dikutip Daily Mail.

Melalui buku yang memuat foto perubahan tubuhnya selama sakit itu, Ekvall ingin menyampaikan pesan mengenai pentingnya pencegahan kanker payudara. Apalagi kepada masyarakat di negaranya, di mana implan payudara dan operasi plastik sudah menjadi hal lumrah.

Selebritas Idap Kanker Payudara

Ekonomi Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen di Tengah Gejolak Global, Sri Mulyani: APBN Jaga Daya Beli

Kanker payudara memang menjadi momok bagi wanita. Meski belum terungkap penyebab utamanya, penyakit 'pembunuh' kedua setelah kanker mulut rahim atau serviks, ini bisa dipicu genetik, juga gaya hidup buruk.

Kanker payudara mengancam semua kalangan, tak terkecuali selebritas dunia. Dari sekian banyak penderita, berikut lima selebritas cantik yang berjuang melawan kanker payudara:

1. Sheryl Crow
Ia divonis menderita kanker payudara saat memasuki usia 48 tahun, pada 2006. Di tengah stres menghadapi penyakit mematikan itu, ia berpisah dari Lance Armstrong, yang juga seorang pejuang kanker. Demi bertahan hidup, ia lalu mengadopsi dua anak laki-laki sembari menjalani terapi penyembuhan.

2. Kylie Minogue
Penyanyi bersuara seksi ini menerima vonis kanker payudara pada 2005. Setelah menjalani operasi dan kemoterapi selama delapan bulan, ia dinyatakan bebas dari penyakit mematikan itu.

Pernah berjuang melawan kanker, ia menerima tawaran sebagai ikon kampanye kanker payudara yang diselenggarakan Breakthrough Breast Cancer. Dalam kampanye itu, ia rela difoto tanpa mengenakan penutup dada demi meningkatkan kesadaran wanita atas penyakit tersebut.

3. Christina Applegate

Melalui juru bicaranya, Christina Applegate memberi tahu publik tengah berjuang melawan kanker payudara, pada Agustus 2008. Ia sengaja melakukan deteksi dini penyakit itu lantaran ibunya seorang pengidap kanker payudara dan leher rahim. Mengetahui kanker di stadium awal membuat terapi penyembuhan efektif.

Setelah sembuh, pemain film 'Samantha Who' iniĀ  tergerak membantu wanita pengidap kanker payudara dengan mendesain sebuah kalung. Keuntungan penjualan kalung itu ia sumbangkan kepada yayasan kanker Right Action for Women Foundation.

4. Cynthia Nixon
Wanita yang populer lewat peran Miranda Hobbes dalam 'Sex and the City' ini menerima vonis kanker payudara pada 2006. Setelah menjalani operasi dan kemoterapi selama 6,5 bulan ia berhasil keluar dari jerat mematikan penyakit itu. Sembuh dari sakit, ia lantas menerima tawaran sebagai duta Susan G Komen, sebuah organisasi yang mendukung penelitian seputar kanker payudara.

5. Suzanne Somers
Namanya melambung lewat peran di sejumlah komedi situasi seperti 'Step by Step' dan 'Three's Company'. Ia menjadi sorotan saat menerima diagnosis kanker payudara, sembilan tahun lalu. Lewat terapi holistik, ia akhirnya sembuh. Ia juga sempat berbicara di acara 'Oprah Winfrey Show' mengenai kekuatan pikiran untuk menyembuhkan sakitnya. (umi)

Baca: Kisah Tragis Miss Venezuela Lawan Kanker

Muhadjir soal Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior: Itu Tanggung Jawab Institusi
Honda Pop 110i ES 2024

Honda Luncurkan Motor Perpaduan Bebek dan Adventure, Harga Rp30 Jutaan

Produsen roda dua, Honda meluncurkan motor terbaru, Honda Pop 110i ES dengan desain yang unik, yaitu adanya perpaduan antara bebek dan motor adventure.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024