Dahlan Kaget Tol Dibangun Hanya 14 Bulan

Dahlan Iskan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, terkejut mengetahui rencana proyek jalan tol sepanjang 12 kilometer di Bali bakal dikerjakan dalam waktu singkat, hanya 1,2 tahun atau 14 bulan.
 
Padahal, jalan tol yang menghubungkan Benoa, Bandara Ngurah Rai hingga Nusa Dua, sebagian besar akan melewati laut.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Usai mendengar paparan Direktur Utama PT Jasa Marga Bali Tol, Ahmad Tito, Dahlan yang diberi kesempatan bicara langsung berdecak kaget. "Ini adalah proyek yang direncanakan dengan cepat, dipersiapkan dengan cepat, dan akan dikerjakan dengan sangat cepat," ujar Dahlan saat pencanangan proyek jalan tol di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Rabu 21 Desember 2011.
 
Kondisi itu, menurut dia, jauh berbeda dengan proyek-proyek jalan tol lainnya di Indonesia yang memerlukan waktu cukup panjang. Di Surabaya, proyek jalan tol yang panjangnya 12 kilometer dibangun selama 12 tahun.
 
"Kalau ini 14 bulan, alangkah mengejutkannya," tutur Dahlan yang sontak memancing tawa dan tepuk tangan tamu undangan, termasuk Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, para direksi tujuh BUMN, Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Bupati Badung Anak Agung Gde Agung.

Proyek keroyokan tujuh BUMN yang bakal menelan dana Rp2,49 triliun itu juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat. Selain dana APBN, Pemprov Bali dan Pemkab Badung masing-masing juga mengalokasikan anggaran hingga Rp100 miliar.
 
Dukungan daerah untuk ikut memiliki penyertaaan saham di jalan tol, mendapat apresiasi Dahlan yang dinilai sebagai hal positif dan bisa ditiru daerah lain.
 
Sebaiknya, pola kerja sama seperti itu bisa ditiru daerah lain, misalnya Sumatera yang tengah serius menggarap proyek jalan tol penghubung provinsi maupun kabupaten. "Bagaimana daerah lain bisa meniru Bali," harapnya.
 
Proyek jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat yang termasuk program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia dalam Koridor Ekonomi Bali dan Nusa Tenggara.
 
Jalan tol ini menghubungkan wilayah Bali Selatan seperti Kawasan Nusa Dua (Badung) dengan wilayah Denpasar Selatan. Megaproyek ini ditargetkan kelar 14 bulan atau sebelum pelaksanaan KTT APEC 2013. (Laporan: Bobby Andalan l Bali, art)

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan U-23

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Unggul juimlah pemain, Timnas Indonesia U-23 malah kebobolan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024