Fitch: Beban Utang Ancam Peringkat Kredit AS

Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVAnews - Fitch Ratings memperingatkan bahwa Amerika Serikat tidak pantas lagi mempertahankan rating atau peringkat kredit surat utangnya di level AAA, seiring meningkatnya beban utang negara tersebut.

Namun, lembaga pemeringkat kredit internasional itu mengaku belum memutuskan apakah akan memangkas rating surat utang AS itu sebelum 2013.

Bulan lalu, Fitch mengubah outlook rating kredit AS menjadi negatif dari stabil, sejalan kegagalan komite kongres khusus dalam menyetujui anggaran sebesar US$1,2 triliun sebagai langkah pengurangan defisit.

"Utang negara akan naik tanpa adanya belanja modal dan reformasi pajak yang bisa mengatasi meningkatnya masalah kesehatan dan jaminan sosial untuk penduduk yang jumlahnya naik," kata Fitch dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir laman Reuters.

"Utang negara yang tinggi dan meningkatnya beban utang pemerintah membuat Fitch tidak lagi konsisten dalam mempertahankan status surat utang AS di level AAA. Meskipun, pemerintah sepertinya masih memiliki fundamental yang kuat," tambah lembaga pemeringkat itu.

Dalam proyeksi fiskal, Fitch memperkirakan, setidaknya diperlukan dana sekitar US$3,5 triliun untuk mengurangi defisit atau anggaran tambahan yang diperlukan dalam menstabilkan utang negara yang ditanggung publik sekitar 90 persen dari produk domestik bruto selama paruh kedua dalam lima tahun terakhir ini.

Fitch, ketika menurunkan outlook menjadi negatif, mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan waktu kepada pemerintah AS hingga 2013 mendatang untuk menyiapkan langkah "kredibel" dalam mengatasi defisit anggaran yang menggelembung atau risikonya terjadi downgrade untuk status AAA.

"Tugas utama dari anggota kongres dan pemerintah pada 2013 adalah merumuskan rencana yang kredibel untuk mengurangi defisit anggaran dan menstabilkan beban utang negara. Tanpa strategi tersebut, rating kemungkinan akan diturunkan pada akhir 2013," Fitch menegaskan.

Sementara itu, rival lembaga pemeringkat tersebut, Standard & Poor memangkas rating kredit AS untuk AAA menjadi AA-plus pada 5 Agustus lalu, akibat kekhawatiran atas defisit anggaran pemerintah dan beban utang yang meningkat serta kemacetan politik yang hampir mengarah kepada kegagalan.

Pada 23 November 2011 lalu, lembaga pemeringkat Moody's juga memperingatkan bahwa tingkat atas peringkat kredit AAA untuk AS bisa berada dalam bahaya jika anggota parlemen mundur dari rencana pemberian dana US$1,2 triliun dalam mengurangi defisit yang ditetapkan akan dilakukan selama 10 tahun.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta
Pemain Arema FC rayakan gol

Ini Hal Paling Diwaspadai Arema FC dari PSM Makassar

Arema FC menaruh kewaspadaan tinggi pada laga hidup dan mati melawan PSM Makassar. Laga

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024