MA Kritik Seleksi Hakim Agung KY

Ketua Mahkamah Agung, Harifin A. Tumpa
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Mahkamah Agung mengkritik mekanisme seleksi calon hakim agung yang dilakukan oleh Komisi Yudisial.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Ketua Mahkamah Agung Harifin Andi Tumpa mengatakan mekanisme hakim karir bisa melamar melalui jalur non karir asalkan memenuhi syarat justru bisa membuat syarat seleksi calon hakim agung menjadi kabur.

"Kalau hakim karir mendaftar ataupun hakim ad hoc yang mendaftar itu pernah terjadi, lantas pengalamannya itu dari mana, kan pengalamannya dari hakim," kata Harifin di Gedung MA, Jakarta, Kamis 22 Desember 2011.

Dengan sistem seleksi seperti itu, kata dia, sekarang tidak ada lagi ukuran karir atau non karir.

Seperti diketahui, hingga penutupan pendaftaran calon hakim agung Rabu kemarin, Komisi Yudisial (KY) telah menerima 96 pendaftar. Dari jumlah ini, 61 diantaranya adalah hakim karir.

Meski pendaftaran seleksi calon hakim agung telah resmi ditutup pada 21 Desember 2011, namun Komisi Yudisial masih menunggu dokumen pendaftaran bercap pos hingga dua hari mendatang.

Tahap berikutnya, KY akan melaksanakan seleksi administrasi yang menurut undang-undang dilaksanakan selambat-lambatnya 15 hari kerja setelah penutupan pendaftaran.

Komisi itu akan memilih 15 calon dari semua calon yang telah mendaftar. Dari ke 15 calon tersebut akan diserahkan ke DPR untuk dipilih lima calon. Nah lima orang itulah nanti yang akan duduk sebagai hakim agung di Mahkamah Agung.

Seperti diketahui, lima hakim agung yang diminta MA yaitu dua hakim agung perdata, dua hakim agung pidana, dan satu hakim agung militer. Sementara hakim agung yang akan pensiun hingga Mei 2012 yaitu Harifin A Tumpa, Prof Mieke Komar, Atja Sondjaja, Imam Harjadi, dan Dirwoto. (eh)

Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Jimny 5 pintu terkenal dengan ketangguhannya di medan offroad.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024