Steve Jobs Diabadikan Dalam Patung Perunggu

Patung perunggu Steve Jobs
Sumber :
  • REUTERS/ Laszlo Balogh

VIVAnews - Perusahaan software arsitektur Hongaria, Graphisoft, membuat patung perunggu Steve Jobs yang pertama di dunia. Steve Jobs dianggap berjasa dalam mengembangkan Graphisoft menjadi pemimpin global perusahaan software arsitektur.

Patung tersebut ditampilkan di kantor pusat perusahaan Graphisoft di Budapest. Graphisoft mengklaim memiliki hubungan dengan pendiri Apple, dalam rantang waktu 1990-an.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Jobs dikabarkan berurusan dengan Graphisoft saat pameran teknologi CeBIT di Jerman, tahun 1984 silam. Apple membantu perusahaan ini untuk memasarkan dan mendistribuskan software desain arsitektur.

“Apple mendukung dengan uang dan komputer pada saat Graphisoft terbatas sumber dayanya, bekerja dengan kondisi ekonomi dan pilitik pada masa komunis Hongaria,” ujar pendiri Graphisoft, Gabor Bojar.

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

Patung perunggu tersebut dikerjakan oleh ahli patung Erno Toth. "Steve Jobs" yang digambarkan sedang mempresentasikan sesuatu ini terpajang di depan kantor Graphisoft.

“Jobs merupakan orang yang paling berjasa dalam era kami. Untuk itu kami ekspresikan dalam pahatan patung di sini,” kata Gabor Bojar.

Bojar mengatakan Jobs memberikan bantuan kepada Graphisoft menjadi sebuah pemimpin global dalam software arsitektur dari firma kecil pada 1980-an di era Komunis Hongaria.

“Dalam beberapa hal, Apple merupakan sebuah agama,” ujar Bojar yang membuka upacara. Ia membandingkan Jobs yang membatu mengedukasi teknisi Graphisoft dengan para penginjil.

Bojar menganggap, Steve Jobs merepresentasikan sebuah revolusi teknologi yang hanya dapat dibandingkan dengan sebuah penemuan tulisan.

“Kami mempunyai semangatnya tiap hari, dan kini semangat itu terwujud. Dan dengan patung ini pantas dengan budaya kewirausahaan di Hongaria,” ujarnya. (adi)

Syifa Hadju

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Menurut Syifa Hadju, setiap orang dalam sebuah hubungan pasti akan belajar menerima kekurangan pasangan masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024