CIMB Niaga Gandeng Bank Besar Jepang

Ilustrasi gedung CIMB Niaga
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - PT Bank CIMB Niaga Tbk menjalin aliansi strategis dengan Shizuoka Bank, salah satu grup perbankan regional terbesar di Jepang. Melalui kesepakatan tersebut, CIMB Niaga akan memfasilitasi kebutuhan jasa perbankan dari nasabah Shizuoka Bank, yang telah maupun merencanakan untuk beroperasi di Indonesia.

"Sebagai salah satu grup perbankan regional terbesar di Jepang, basis nasabah Shizuoka Bank tersebar di berbagai wilayah," kata Presiden Direktur CIMB Niaga, Arwin Rasyid, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat 23 Desember 2011.

Arwin menjelaskan, wilayah operasional Shizuoka Bank hingga Tokyo, Osaka, dan Nagoya. Tiga kota terakhir merupakan sentra ekonomi utama di Jepang. Selain itu, Shizuoka Bank mempunyai kantor cabang di New York, Los Angeles, Brussels, Hong Kong, Shanghai, dan Singapura.

"Jumlah perusahaan Jepang, terutama yang berbasis di Shizuoka juga terus meningkat, seperti Yamaha Group dan Suzuki Group. Banyak suplier dari kedua perusahaan tersebut yang mengembangkan investasinya di Indonesia," tuturnya.

Tentunya, dengan adanya transaksi tersebut, suplier membutuhkan jasa perbankan untuk menunjang bisnis mereka. "Peluang inilah yang kami maksimalkan dari kerja sama antara CIMB Niaga dan Shizuoka Bank ini," ujar Arwin.

Sementara itu, Katsunori Nakanishi, Chief Executive Officer (CEO) Shizuoka Bank, menyambut gembira kerja sama itu. Nakanishi melihat Indonesia sebagai pasar yang bagus untuk Jepang. Apalagi, cukup banyak perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Tujuan utama dari kerja sama ini adalah bagaimana memberikan layanan jasa keuangan yang dimiliki CIMB Niaga dan CIMB Group secara regional bagi nasabah-nasabah Shizuoka Bank.

"Kami memilih CIMB Niaga karena merupakan satu-satunya bank besar di Indonesia yang secara khusus memiliki Japanese Desk, yang antara lain berfungsi untuk memberikan dukungan perbankan bagi para investor Jepang yang berminat berinvestasi di Indonesia," kata Nakanishi.

Berdasarkan data laporan tahunan 2011 yang berakhir Maret 2011, total aset Shizuoka Bank mencapai US$113,55 miliar, dengan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) sebesar 15,3 persen. (art)

Hard Gumay

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Ramalan dari Hard Gumay kembali mengguncang jagad maya karena prediksinya tentang Chandrika Chika, seorang selebgram yang baru-baru ini tertangkap kasus narkoba

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024