Heru-Supanji

Memaknai Sejarah Tragedi Rawagede

Tragedi Rawagede
Sumber :

Vlog - Tragedi Rawagede sebelumnya tidak begitu kita kenal. Para penyusun buku sejarah yang dipergunakan sebagai bahan pelajaran sekolah seolah-olah melewatkan begitu saja peristiwa kemanusiaan yang mengenaskan tersebut. Bahkan pemerintahpun tidak menaruh perhatian yang semestinya.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Pembantaian terhadap rakyat di Rawagede oleh tentara Belanda terjadi pada masa-masa perang kemerdekaan, yakni ketika pemerintah kolonial Belanda berusaha mengembalikan kekuasaan di bekas tanah jajahannya. Mereka melakukan aksi-aksi militer yang tujuannya menumpas aspirasi kemerdekaan rakyat Indonesia yang baru tumbuh, tetapi dibuat panik karena perlawanan rakyat Indonesia ternyata di luar dugaan.

Rawagede saat itu sebagai pusat titik berkumpulnya berbagai elemen republik, termasuk mereka yang mengungsi dari Jakarta. Pasukan Belanda yang melakukan operasi-operasi militer di sekitar Karawang sering mendapat gangguan yang dilakukan oleh laskar-laskar republik. Berbagai laskar perjuangan tersebut memang merupakan kesatuan-kesatuan kecil, tetapi perlawanannya terhadap pihak kolonial terbilang efektif.

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

Kapten Lukas Sutaryo, salah satu pemimpin laskar yang terkenal di waktu itu. Tentara Belanda dengan berbagai cara mengejarnya. Karena usahanya selalu gagal, akhirnya Belanda menempuh cara paling brutal, rakyat kampung Rawagede dikumpulkan dan dipaksa untuk memberitahukan dimana kapten Lukas berada.

Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024