2011, Tahun Duka bagi Silicon Valley

Tabur Bunga Untuk Steve Jobs
Sumber :
  • REUTERS/Brian Snyder

VIVAnews - Tahun ini merupakan tahun penuh dinamika di bidang teknologi. Tapi di tengah dinamika tersebut, tahun 2011 bisa dibilang sebagai tahun duka bagi pelaku industri teknologi.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Meninggalnya sejumlah tokoh di tahun 2011 menjadikan tahun ini menjadi tahun duka bagi industri yang kini berpusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Berikut merupakan sejumlah tokoh industri teknologi yang meninggal di tahun 2011.

Steve Jobs:

Kabar duka yang paling menghentak dunia adalah meninggalnya pendiri Apple, Steve Jobs. Setelah bergulat dengan kanker pankreas yang dideritanya, Jobs meninggal pada 5 Oktober 2011, di usia 56 tahun.

Steve Jobs merupakan seorang jenius perfeksionis yang mencetuskan berakhirnya era PC dan dimulainya era post-PC. Tablet iPad yang dibesut Apple seakan menjadi tonggak kelahiran era post-PC yang dicetuskan Jobs.

Ironisnya, Jobs pula yang menjadikan PC menjadi produk revolusioner di industri teknologi. Bersama Steve Wozniak, Jobs menjadikan produk andalan Apple, Apple II, sebagai produk awal revolusi perkembangan PC. Apple II, juga Lisa dan Macintosh, menjadikan komputer begitu personal dan bisa hadir di setiap rumah.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Selain komputer, Jobs juga menjadi inovator di bidang digitalisasi musik. Apple berhasil menghadirkan iTunes sebagai toko musik digital tersukses, dan iPod sebagai perangkat pemutar musik digital yang terlaris di seluruh dunia.

Tak puas dengan itu, Steve Jobs pun kemudian menjadi inspirator di balik kelahiran iPhone. Kini iPhone menjadi salah satu smartphone terlaris di dunia.

Dennis Ritchie:

Dennis Ritchie merupakan programer legendaris yang menciptakan sistem bahasa pemrograman C dan sistem operasi Unix. Ritchie wafat pada 8 Oktober 2011 di usia 70 tahun, akibat sakit yang dideritanya bertahun-tahun.

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan

Bahasa pemrograman C merupakan karya terbesar Ritchie. Menurut programer senior Google Rob Pike, C menjadi sistem yang paling banyak digunakan di industri website.

"Hampir semua yang ada di web menggunakan dua hal: C dan UNIX. Browser ditulis di C. Kernel Unix ditulis di C. Server web ditulis di C, atau jika tidak, maka menggunakan C++ atau Java yang merupakan pengembangan dari C," ucap Rob Pike.

Selain itu, bersama Kenneth Thompson, Ritchie menciptakan sistem operasi UNIX. Kelak, UNIX menjadi sistem operasi yang diadopsi Linux.

Tak hanya Linux, pengembangan variasi UNIX juga menginspirasi sistem operasi lain. Antara lain, oleh Apple yang mengadopsi UNIX dalam pengembangan sistem operasi A/UX, Domain/X, dan Darwin (modifikasi Apple dari kernel BSD dan diaplikasi pada Mac OS/X).

Karena itu muncul anggapan, bahwa Dennis Ritchie merupakan orang yang berjasa di balik teknologi yang digunakan dan dikembangkan Apple.

Robert Galvin:

Mantan CEO Motorola Robert Galvin wafat 13 Oktober 2011, di usia 89 tahun. Di kepemimpinan Galvin, Motorola menciptakan prototipe ponsel pertama, juga ponsel pertama yang dipasarkan di dunia pada tahun 1973.

Galvin mengambil alih pucuk pimpinan perusahaan sejak tahun 1959, menggantikan ayahnya yang juga pendiri Motorola, Paul Galvin, saat meninggal dunia.

Menurut Greg Brown, Chief Executive Officer Motorola Solutions, Robert Galvin merupakan CEO yang membawa dampak paling besar terhadap sejarah panjang perusahaan.

“Ia merupakan pemikir global. Ia melihat ke seluruh sudut. Ia sangat menekankan inovasi,” kata Brown. “Galvin juga merupakan pemimpin yang sangat personal. Ia ingat nama-nama orang, tahu tentang keluarganya dan apa yang mereka lakukan,” kata Brown.

Jacob Goldman:

Jack Goldman merupakan pendiri laboratorium legendaris Xerox's Palo Alto Research Center (PARC). Goldman dikabarkan meninggal akibat gagal jantung pada 20 Desember 2011.

Xerox PARC merupakan laboratorium inovatif di Silicon Valley, yang bahkan diakui pendiri Apple Steve Jobs sebagai laboratorium teknologi yang inspiratif.

PARC dibangun atas ide Goldman, dan menjadi laboratorium pertama yang mengembangkan PC. Selain itu, PARC juga disebut menjadi pihak yang pertama kali mulai mengembangkan graphical user interface (grafis antar-muka), jaringan Ethernet, hingga penggunaan tetikus secara komersil.

Steve Jobs sendiri mengaku terinspirasi Xerox PARC saat membuat interface di sejumlah produk awal Apple, antara lain Lisa dan Macintosh.

Tak hanya Apple, Microsoft pun disebut-sebut terinspirasi Xerox's PARC saat membuat sistem operasi Windows, terutama di interface. Karena itu pendiri Microsoft, Bill Gates, menolak klaim Steve Jobs yang menuduh Microsoft meniru Apple saat membuat Windows.

"Begini, Steve. Saya pikir ini seperti kita punya tetangga kaya yang bernama Xerox. Saya berusaha menyusup masuk ke dalam rumahnya untuk mencuri TV, tapi saat saya ada di dalam saya baru tahu kalau kamu sudah mencuri TV itu," ujar Bill Gates kepada Steve Jobs. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya