Alasan Ekonomi RI Tumbuh Tinggi di 2012

Deputi Gubernur BI Muliaman D Hadad
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Muliaman D Hadad, optimistis terhadap semakin membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah potensi dampak negatif krisis Eropa.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Ia bahkan menegaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun mendatang bisa lebih tinggi dari tahun ini.

"Jadi, saya kira pertumbuhan ekonomi yang sedikit lebih tinggi dari 2011 akan tercapai. Jadi, cukup optimis di tengah dampak global," ujar Muliaman saat ditemui usai acara pelantikan Deputi Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis 29 Desember 2011.

Menurut Muliaman, optimisme itu datang dari beberapa modal positif yang dimiliki Indonesia. Kenaikan peringkat Indonesia menjadi investment grade, yang diikuti kenaikan peringkat beberapa perusahaan di Tanah Air merupakan salah satu modal tersebut.

"Selain itu, modal lainnya adalah dengan luasnya pasar domestik. Juga beberapa undang-undang yang telah diselesaikan. Undang-undang (UU Pengadaan Tanah) yang membantu kelancaran infrastruktur misalnya," tuturnya.

Besarnya potensi perdagangan domestik, dia melanjutkan, menjadi cara pengisolasian diri terhadap dampak negatif krisis Eropa. "Dan ekspor kita saat ini telah berpindah ke kawasan Asia. Ini bagus dalam rangka mengisolasi diri dari dampak negatif Eropa," ujar Muliaman. (art)

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024