KPK: Kasus Cek Pelawat Tak Berhenti di Nunun

Nunun Nurbaeti diperiksa KPK
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Kepada penyidik KPK, Nunun Nurbaetie Daradjatun, mengaku mengenalkan empat anggota DPR kepada Miranda Swaray Goeltom. Perkenalan itu dilakukan sebelum Miranda mengikuti pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

Ketua KPK Abraham Samad mengatakan KPK tidak hanya berhenti pada kesaksian Nunun Nurbaetie. Tapi lanjut Abraham KPK akan menelusuri keterlibatan pihak lain dalam kasus yang menyeret sejumlah anggota dewan ke balik jeruji penjara.

"Kita akan menggali dulu (kesaksian Nunun) yang jelas kita tidak berhenti pada ibu Nunun saja," kata Abraham Samad di kantor KPK, Jakarta, Kamis 29 Desember 2011.

Nunun menyebut empat nama anggota DPR yang dikenalkan kepada Miranda, yakni Udju Djuhaeri, Endin Sofiahara, Dudhie Makmun Murod, dan Paskah Suzeta. Abraham menyatakan KPK belum akan memanggil nama-nama tersebut, namun Ia menegaskan tetap akan mencari keterlibatan pihak lain.

"Kita tidak hanya terpaku pada nama-nama itu, yang jelas akan kita gali terus," ujarnya.

Saat ini Endin AJ Soefihara, Udju Juhaeri, Hamka Yandhu, dan Paskah Suzetta sudah divonis bersalah karena menerima cek pelawat terkait pemilihan DGS BI yang saat itu dimenangkan Miranda.

Miranda sudah berkali-kali membantah terlibat dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. "Saya tidak pernah menjanjikan memberi uang atau menjanjikan apapun kepada siapapun sebelum atau setelah pemilihan," kata Miranda usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 26 Oktober 2010.

Dugaan keterlibatan Nunun dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia ini beberapa kali disebut dalam persidangan terdakwa mantan anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Dudhie Makmun dan kawan-kawan. Dalam persidangan terungkap bahwa cek pelawat yang diterima Dudhie cs berasal dari Nunun melalui Arie Malangjudo.

Nunun buron setelah berangkat keluar negeri dengan tujuan Frankfurt menggunakan Paspor Biasa pada Selasa, 23 Februari 2010 pukul 19.06 WIB dengan menggunakan Pesawat Lufthansa LH 0779.

Nunun akhirnya dapat ditangkap pada Rabu 7 Desember di Bangkok, Thailand. Pada Sabtu 10 Desember, Nunun dibawa kembali ke Jakarta dan kemudian ditahan di Rutan Pondok Bambu. (eh)

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024