2011, Bursa Saham RI Pemberi Untung Terbesar

Bursa saham Indonesia
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun 2011 akan resmi ditutup esok. Kinerja pasar modal di tanah air itu diperkirakan menjadi salah satu yang terbaik di antara bursa saham di dunia dalam hal imbal hasil (return) bagi investor.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Hal tersebut disampaikan Certified Financial Technician Vice President PT Samuel Sekuritas Indonesia, Muhamad Alfatih, dalam diskusi media 'Economic Outlook 2012', di Menara Imperium, Jakarta, Kamis, 29 Desember 2011.

Alfatih mengungkapkan, bursa saham Indonesia menjadi salah satu bursa dengan kinerja imbal hasil positif di dunia. Meskipun return yang diberikan cukup tipis yaitu sekitar 2,3 persen, namun pertumbuhan itu masih lebih baik dibanding bursa saham utama di dunia.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Dalam catatannya, imbal hasil bursa saham di Amerika Serikat tercatat turun 3,1 persen. Hal yang sama juga terjadi di bursa Eropa yang turun 12,7 persen, China 15,4 persen, dan India 20,3 persen.

"Tahun depan trend bullish terhadap indeks. Meski ada kemungkinan turun, tapi peluangnya sangat kecil. Jika terjadi sesuatu guncangan saja, maka indeks akan berbalik arah ke trend pelemahan," kata Alfatih.

Dia menjelaskan, naiknya peringkat surat utang Indonesia ke level layak investasi (investment grade) bakal mendongkrak kinerja emiten pasar modal pada 2012 mendatang. Sejumlah sektor yang diprediksi bakal bersinar pada tahun 2012 adalah perbankan, konsumer, semen, dan infrastruktur.

Dengan metode pendekatan bottom-up, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada 2012 mendatang diperkirakan mencapai 4.275. Target itu  mentranslasikan rasio Price Earning (PER) 14,8 kali dan pertumbuhan EPS 16,7.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Meredupnya pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat dan kondisi kritis utang di Eropa, dinilai Alfatih, telah menjadi pemicu koreksi mayoritas bursa-bursa dunia. Sementara, kuatnya pasar domestik Indonesia serta rendahnya exposure terhadap pasar utang Eropa, membuat pasar modal Indonesia mampu bertahan terhadap tekanan krisis di pasar global. (umi)

PT Bumi Resources Minerals Tbk. (ilustrasi)

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) menyampaikan total pendapatan sepanjang tahun 2023 mencapai US$46,63 juta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024