Saham Incaran di Penutupan Bursa 2011

Penutupan BEI tahun 2008
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia pada hari ini akan memasuki sesi perdagangan terakhir selama 2011. Dengan waktu yang tersisa, kalangan investor diperkirakan mengincar sejumlah saham yang bisa memberikan keuntungan cukup besar.

Certified Financial Technician Vice President PT Samuel Sekuritas Indonesia, Muhamad Alfatih, menuturkan saham-saham yang menjadi incaran investor pada akhir 2011 kemungkinan berasal dari saham-saham lapis kedua.

"Karena kalau yang big caps (saham unggulan) biasanya atas kepentingan institusi besar, mereka sudah tidak ada kepentingan lagi, sudah tutup buku. Kalau lapis kedua, mereka masih ada investor menengah yang masih punya kepentingan," kata Muhamad Alfatih, ketika berbincang dengan VIVAnews.com, di Jakarta, Kamis, 29 Desember 2011.

Alfatih mengaku cukup sulit memprediksi saham-saham incaran pemodal pada akhir 2011. Kesulitan terutama muncul karena kalangan investor mengharapkan akan ada window dressing (upaya untuk mempercantik kinerja perusahaan) di akhir tahun ini .

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Upaya window dressing ini biasanya didorong oleh investor institusi baik lokal maupun asing.

"Tapi, dengan kondisi market yang selama tiga bulan ini flat, ternyata cukup banyak investor institusi yang kemudian berada di pinggir dan tidak aktif lagi. Mereka sudah tidak punya kepentingan untuk window dressing, karena posisi mereka sudah dibukukan," ungkapnya.

Untuk itu, Alfatih melanjutkan, kenaikan harga saham pada penutupan perdagangan tahun ini kemungkinan akan muncul dari saham lapis kedua. Sayangnya, Alfatih tidak dapat menyebutkan saham-saham dari sektor apa saja yang akan menjadi incaran investor tersebut. "Karena saya tidak bisa bilang, susah diprediksi," tuturnya.

Hingga penutupan bursa saham 2011, Alfatih memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) masih berada di kisaran 3.800. "Mungkin di kisaran itu," ujarnya. (art)

Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024